Google Umumkan Program Pelatihan Pengembangan Gim Bersama Unity dan AGI
Putri Alam, Director of Government Affairs & Public Policy untuk Google di Indonesia (foto: Dinda Buana/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Perkembangan gim di Indonesia semakin maju. Pada tahun 2021, industri gim di Indonesia berhasil menyumbang Rp24,88 triliun untuk PDB nasional. 

"Sekarang ini, semua orang adalah gamers. Bahkan, industri gim Indonesia punya kontribusi 2 miliar dolar untuk ekonomi negara," kata Putri Alam, Director of Government Affairs & Public Policy untuk Google di Indonesia pada Google for Indonesia (G4ID) 2023 pada Rabu, 7 Desember. 

Sebagai komitmennya mendukung para pelaku industri pengembangan gim di Indonesia, hari ini Google mengumumkan akan mendanai program uji coba bernama Google Play x Unity Game Developer Training. 

"Dengan bangga saya umumkan Game Developer, program pelatihan pengembangan gim oleh Google, bekerja sama dengan Unity dan Asosiasi Game Indonesia (AGI), " ucap Putri. 

Bekerja sama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI), program ini akan memberikan pelatihan dan sertifikasi Unity kepada 500 mahasiswa di lebih dari 15 universitas dan 50 developer profesional. 

Pelatihan ini diberikan tanpa biaya melalui kursus mandiri secara online, dan developer juga dapat memilih sesi pelatihan online yang dipandu instruktur.

Unity adalah salah satu mesin pengembangan gim terkemuka di dunia. Unity digunakan secara global baik oleh developer besar maupun kecil, mulai dari studio gim indie hingga studio gim besar.

"Meningkatkan keterampilan mahasiswa dan developer lokal melalui berbagai kursus dan pelatihan yang tersedia di Unity akan membekali mereka dengan ilmu membuat game kelas dunia,” ucap Kunal Soni, Director of Google Play Partnerships untuk Asia Tenggara dan Australia dalam acara yang sama. 

Program ini akan memungkinkan Anda mengikuti pelatihan dari tiga bidang, mulai dari game developer, artist, dan juga programmer. Sayangnya, kuota untuk program ini terbatas, hanya 500 orang saja. Jika Anda berminat, Anda dapat mengunjungi situs g.co/grow/gamedevtraining-id.