Google Play Umumkan Aplikasi dan Gim Terbaik 2022
Google menyajikan kilas balik peristiwa selama satu tahun terakhir dengan menghadirkan daftar aplikasi dan gim terbaik menurut Google Play. (foto: dok. google)

Bagikan:

JAKARTA - Menjelang akhir tahun, Google menyajikan kilas balik peristiwa selama satu tahun terakhir dengan menghadirkan daftar aplikasi dan gim terbaik menurut Google Play.

Setiap tahun, Google memberikan penghargaan kepada aplikasi dan gim terbaik di Google Play serta para developer yang menghadirkannya di berbagai jenis

perangkat.

Di Indonesia sendiri, lebih dari 10,000 developer yang telah menemukan inspirasi dan membangun bisnis yang berkembang pesat.

Selain itu, lebih dari 150 juta orang Indonesia juga mengunjungi Google Play setiap bulannya untuk menemukan berbagai aplikasi dan gim menarik yang menghubungkan mereka dengan dunia.

“Google Play memungkinkan developer baik besar maupun kecil dari seluruh Indonesia untuk berkembang di platorm kami. Kami melihat sudah ada banyak developer Indonesia yang sukses di pasar global yang sangat kompetitif," ujar Director, Google Play, untuk Asia Tenggara dan Australia, Kunal Soni dalam keterangannya, Kamis, 1 Desember.

"Kami pun tetap berkomitmen untuk mendukung developer yang terus membangun bisnis, gim, dan aplikasi yang dapat menghubungkan lebih dari 2,5 miliar orang di seluruh dunia,” imbuhnya.

Baik aplikasi dan gim pemenang penghargaan di 2022 ini, Google menyatakan itu mencerminkan hal-hal yang paling penting bagi orang-orang saat ini, mulai dari gim yang membantu mengembangkan komunitas dan kreativitas serta memasuki dunia yang benar-benar baru, hingga aplikasi yang membantu untuk menjaga kesehatan mental dan lainnya.

Lebih lanjut, Google juga menghadirkan kategori gim Terbaik Buatan Indonesia, sebagai bentuk apresiasi terhadap makin pentingnya peranan dan kontribusi industri gim lokal di Indonesia.

Berikut di bawah ini daftar aplikasi dan gim terbaik menurut Google Play 2022.

Daftar Aplikasi Terbaik Google Play 2022

Aplikasi Terbaik: KitaLulus: Loker Peluang Kerja

Aplikasi Dampak Positif Terbaik: Bicarakan.id - Konseling Psikologi dan Mental Health

Aplikasi Harian Terbaik: Virgo

Aplikasi Hiburan Terbaik dan Aplikasi Pilihan Pengguna: KAKAO WEBTOON

Aplikasi Unik Terbaik: Debaede

Aplikasi Pengembangan Diri Terbaik: FluenDay - Learn English Enpal

Aplikasi Terbaik untuk Wear OS: Todoist

Aplikasi Terbaik untuk Tablet: Pocket

Daftar Gim Terbaik Google Play 2022

Gim Terbaik: Apex Legends Mobile

Gim Multiplayer Terbaik: Dislyte

Gim Kasual Terbaik dan Gim Terbaik untuk Tablet: Angry Birds Journey

Gim Terbaik yang Terus Diupdate: Genshin Impact

Gim Indie Terbaik: One Hand Clapping

Gim dengan Cerita Terbaik: Diablo Immortal

Gim Buatan Indonesia Terbaik (Best Made in Indonesia): Grammarian Ltd