Menkeu Janet Yellen Tetap Skeptis Terhadap Masa Depan Mata Uang Kripto
Menteri Keuangan A.S. Janet Yellen berharap gejolak di pasar cryptocurrency tidak meluas ke sektor perbankan. (foto: twitter @secyellen)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Keuangan A.S. Janet Yellen pada Rabu, 30 November  mengatakan gejolak baru-baru ini di pasar cryptocurrency tidak meluas ke sektor perbankan. Namun dia tetap skeptis tentang industri ini dan percaya bahwa hal itu membutuhkan regulasi yang memadai.

Yellen mengatakan kepada sebuah acara yang diselenggarakan oleh New York Times DealBook bahwa penting untuk memastikan bahwa aset kripto memiliki perlindungan pelanggan yang memadai.

"Saya skeptis, dan saya tetap skeptis," katanya, dikutip Reuters.

 Dia menambahkan penting untuk tetap terbuka terhadap inovasi keuangan, terutama jika mereka dapat menurunkan biaya transaksi lintas batas dan membantu meningkatkan inklusi keuangan, tetapi dia mengatakan bahwa perkembangan terakhir tidak demikian.

"Saya pikir semua yang telah kita lalui selama beberapa minggu terakhir, tetapi sebelumnya juga, mengatakan ini adalah industri yang benar-benar perlu memiliki regulasi yang memadai. Dan ternyata tidak," kata Yellen.

Pertukaran mata uang kripto FTX, yang mengajukan kebangkrutan di Delaware pada 11 November, mengatakan berutang kepada 50 kreditur terbesarnya hampir 3,1 miliar dolar AS (Rp48,5 triliun). Ledakan kripto profil tinggi menyebabkan sekitar 1 juta pelanggan dan investor lain menghadapi kerugian total dalam miliaran dolar.

Yellen mengatakan dalam DealBook bahwa Amerika Serikat terlibat dalam diskusi dengan sekutu tentang pengaturan mata uang kripto. Mereka  juga telah melakukan sejumlah laporan yang memetakan masalah "signifikan".

 Salah satu prioritas utama, katanya, adalah memastikan perlindungan aset pelanggan dan pemisahan aset tersebut untuk mencegah masalah seperti yang terlihat pada FTX.

“Krisis cryptocurrency merupakan "momen Lehman" untuk sektor ini,” kata Yellen, mengacu pada kebangkrutan bank investasi Lehman Brothers tahun 2008, yang memicu penurunan pasar saham yang besar dan menyebabkan bailout pemain keuangan sebesar 700 miliar dolar AS (Rp10971 triliun) oleh pemerintah AS.

"Bagian bagus dari sebuah ledakan seperti yang kita lihat adalah bahwa hal itu belum menyebar ke sektor perbankan. Regulator perbankan sangat berhati-hati dengan kripto," katanya. "Ini adalah momen Lehman dalam crypto, dan crypto cukup besar sehingga kami mengalami kerugian besar dengan investor."