Investor Mark Mobius Prediksi Harga Bitcoin Bisa Jatuh ke 10.000 Dolar AS, Waduh!
Harga Bitcoin diprediksi alami penurunan lagi. (Foto; Dok. Bitcoin)

Bagikan:

JAKARTA – Penurunan pasar kripto belum menemui akhir. Bitcoin sebagai pemimpin aset kripto terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasarnya telah mengalami penurunan signifikan pasca bangkrutnya FTX. Baru-baru ini, investor veteran dan pendiri Mobius Capital Partners, Mark Mobius, memprediksi harga Bitcoin (BTC) turun lebih dalam lagi.

Mobius menghabiskan lebih dari tiga dekade di Franklin Templeton Investments. Dia sebelumnya menjabat sebagai ketua eksekutif Templeton Emerging Markets Group di mana dia mengelola lebih dari 50 miliar dolar AS dalam portofolio pasar negara berkembang.

Dalam wawancara dengan Bloomberg, Mobius membagikan pandangannya terkait penurunan harga BTC. Investor veteran itu menargetkan penurunan Bitcoin berikutnya di level 10.000 dolar AS. Dia menilai aset kripto “terlalu berbahaya” untuk menginvestasikan uangnya atau uang klien.

“Kripto ada di sini untuk tetap tinggal karena ada beberapa investor yang masih memiliki keyakinan terhadapnya ... Sungguh menakjubkan bagaimana harga bitcoin bertahan,” kata Mark Mobius.

Meski begitu, ramalan Mobius ini bukan yang pertama. Melansir Bitcoin.com News, pada Mei lalu, mantan petinggi Franklin Templeton itu juga sempat memperingatkan bahwa pasar kripto masih akan mengalami penurunan lebih dalam lagi. Pada bulan November tahun lalu, dia mengatakan orang tidak boleh melihat cryptocurrency sebagai sarana untuk berinvestasi tetapi sebagai "sarana untuk berspekulasi dan bersenang-senang."

Mobius tidak sendirian dalam mengharapkan harga bitcoin turun menjadi 10.000 dolar AS. CEO Doubleline Capital Jeffrey Gundlach, alias raja obligasi, mengatakan hal yang sama pada bulan Juni lalu.

"Saya tidak akan terkejut sama sekali jika [bitcoin] mencapai 10,000 dolar AS," kata Gundlach.

Sementara ekonom Peter Schiff mengatakan bulan ini bahwa bitcoin masih memiliki jalan panjang untuk jatuh. Dia menilai BTC akan jatuh pada angka 10 ribu dolar AS. Selain itu, survei Bloomberg MLIV Pulse baru-baru ini menunjukkan bahwa mayoritas dari hampir 1.000 investor yang merespons memperkirakan harga bitcoin akan turun menjadi 10.000 dolar per BTC.

Sementara itu, beberapa orang masih sangat optimistis dengan harga BTC. Kemudian investor modal ventura Tim Draper, misalnya, mengatakan awal bulan ini bahwa dia mengharapkan harga bitcoin mencapai 250 ribu dolar AS pada pertengahan tahun 2023 mendatang.