Tren Kripto Menarik, Udang dan Kepiting Berpesta Rebut Bitcoin Saat Banyak Paus Menjualnya
Pasr Bitcoin tetap nullish bagi udang dan kepiting. (foto: tangkapan layar coingecko)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa investor Bitcoin non-whale (bukan pemilik besar) tampaknya tidak memiliki masalah dengan trend bear market mata uang kripto serta ketakutan, ketidakpastian dan keraguan (FUD) di seputar jatuhnya pertukaran FTX.

Menurut data on-chain, investor ritel yang lebih kecil telah berubah menjadi semakin bullish pada Bitcoin dan mulai mengumpulkan lebih banyak BTC meskipun krisis pasar sedang berlangsung. Ini muncul dalam laporan yang dirilis oleh platform intelijen blockchain, Glassnode, pada 27 November.

Menurut data itu, setidaknya ada dua jenis investor ritel Bitcoin yang telah mengumpulkan jumlah rekor BTC setelah runtuhnya FTX.

Jenis investor pertama, yang diklasifikasikan sebagai udang, mendefinisikan entitas atau investor yang memiliki kurang dari 1 Bitcoin, 16.500 dolar AS pada saat penulisan. Sementara tipe kedua, kepiting,  adalah kategori alamat kripto yang menyimpan hingga 10 BTC, 165.000 dolar AS pada saat penulisan.

Investor "Udang" dilaporkan telah menambahkan 96.200 BTC (1,6 miliar dolar AS) ke portofolio mereka setelah jatuhnya FTX pada awal November. Ini merupakan "peningkatan saldo tertinggi sepanjang masa."

Menurut Glassnode, jenis investor ini secara kolektif memegang 1,21 juta BTC, atau 20 miliar dolar AS pada saat penulisan, yang setara dengan 6,3% dari pasokan 19,2 juta koin yang beredar saat ini.

Sementara itu, "kepiting" telah membeli sekitar 191.600 BTC, atau 3,1 miliar dolar AS, selama 30 hari terakhir, yang juga merupakan "tertinggi sepanjang masa yang meyakinkan," kata para analis.

Menurut data, tonggak baru ini telah memecahkan akumulasi BTC tertinggi sebelumnya yang dicatat oleh kepiting pada Juli 2022 di puncak 126.000 BTC, atau 2 miliar dolar AS yang dibeli per bulan.

Sementara kepiting dan udang telah mengumpulkan jumlah rekor Bitcoin, investor besar Bitcoin justru telah menjualnya. Menurut Glassnode, Whale Bitcoin telah merilis sekitar 6.500 BTC, atau 107 juta dolar AS, ke bursa selama sebulan terakhir, yang tetap merupakan bagian yang sangat kecil dari total kepemilikan mereka sebesar 6,3 juta BTC, 104 miliar dolar AS.

Perilaku udang dan kepiting tampaknya menarik mengingat peristiwa industri terbaru, dengan adanya pertukaran kripto Sam Bankman-Fried menjadi subjek skandal industri besar-besaran yang melibatkan dugaan penipuan dan penyelewengan dana.

Di sisi lain, beberapa investor besar Bitcoin mengklaim tetap bullish pada Bitcoin meskipun krisis sedang berlangsung, karena pemerintah El Salvador mulai membeli BTC setiap hari, mulai dari 17 November.

CEO Twitter Elon Musk juga menyatakan keyakinannya bahwa Bitcoin "akan berhasil" terlepas dari masalah industri saat ini, “Tetapi mungkin ada "musim dingin kripto yang panjang," kata Musk dikutip Cointelegraph.

Setelah jatuhnya FTX, Bitcoin segera kehilangan nilainya sekitar 6.000 dolar AS, anjlok dari sekitar 21.000 dolar AS per koin hingga berada di bawah 16.000 per koin pada pertengahan November. Namun mata uang kripto kini sedikit pulih selama beberapa minggu terakhir, naik hingga tidak lebih dari 17.000 dolar AS per koin.

Menurut data dari CoinGecko, pada saat penulisan, BTC diperdagangkan pada 16.500 dolar AS per koin, atau naik sekitar 1,7% selama 24 jam terakhir.