Analis Ungkap Pemilik Bitcoin Terbanyak Mulai Berkurang, Pertanda Harga BTC Bakal Turun Lagi?
Pengamat sebut para whale bitcoin mulai berkurang (Somagnews)

Bagikan:

JAKARTA – Seorang pengamat bernama Willy Woo mengabarkan bahwa pemilik Bitcoin dalam jumlah yang banyak atau biasa disebut whale mulai mengalami penurunan dalam beberapa waktu belakangan ini. Apakah hal tersebut akan berpengaruh kepada harga BTC?

Melansir Cryptoglobe, analis on-chain tersebut menyatakan bahwa kepemilikan mereka telah didistribusikan kembali untuk para investor kecil yang membeli BTC ketika harganya sedang turun.

Willy Woo mengungkapkan bahwa sejak 2012 lalu para pemilik 10.000 Bitcoin lebih telah mengalami penurunan karena mereka memilih untuk mendistribusikan Bitcoin kepada para investor kecil.

Woo juga menyebutkan bahwa pemilik Bitcoin telah menyebarkan bitcoin demi pemerataan sebagaimana yang diharapkan banyak orang dalam sistem moneter. Selain itu, dia memaparkan bahwa sejak 2017 para investor kecil telah mengumpulkan Bitcoin, sedangkan investor yan lebih besar telah menjual kepemilikan mereka.

Menurutnya, tindakan para paus tersebut merupakan pertanda yang bagus karena berupaya mendistribusikan kekayaan mereka “demi desentralisasi”. Dia memandang positif tindakan para whale sebab kepemilikan Bitcoin dalam skala besar dipandang tidak bagus untuk pertumbuhan para investor kecil.  

Sebagai informasi, kepemilikan Bitcoin sendiri memiliki istilahnya masing-masing sesuai dengan jumlah yang dimiliki. Para pemilik Bitcoin kurang dari 1 BTC disebut sebagai udang (Shrimp). Sementara pemilik Bitcoin berjumlah 1 sampai 10 BTC disebut kepiting (Crab).

Pemilik 50 hingga 100 BTC mendapat gelar ikan (Fish). Pemilik 100 hingga 1.000 BTC disebut lumba-lumba (Dolphin). Kemudian pemilik Bitcoin sebanyak 500 hingga 1.000 BTC disebut hiu (Shark), dan pemilik 1.000 BTC ke atas disebut paus (Whale).

Dalam beberapa waktu terakhir Woo menyebut telah bermunculan para Hiu dan Lumba-Lumba. Hal ini merupakan pertanda bangkitnya para pemilik Bitcoin baru sebagai dampak positif dari pendistribusian BTC yang dilakukan oleh para Paus.

Tidak hanya itu, dia menambahkan bahwa ada “banyak entitas bernilai tinggi yang membeli (Bitcoin) di saat harganya turun.” Hal tersebut merupakan cerminan dari kepemilikan 100 BTC di kalangan para investor.

Dia memprediksi harga BTC akan melonjak dalam beberapa waktu ke depan setelah penurunan berakhir. Woo  berpendapat bahwa Bitcoin akan mengalami penurunan lebih dalam lagi sebelum melonjak ke harga yang lebih tinggi.