Kraken Segera PHK 1.100 Karyawan Menyusul Krisis Kepercayaan di Pasar Kripto
Kraken terpaksa kurangi karyawan karena krisis kripto. (foto: twitter @krakenfx)

Bagikan:

JAKARTA - Pertukaran mata uang kripto Kraken mengatakan pada Rabu, 30 November  akan memangkas tenaga kerja globalnya sebesar 30%, atau sekitar 1.100 karyawan. Hal dikarenakan kondisi pasar yang sulit yang telah melumpuhkan permintaan aset digital tahun ini.

Suku bunga yang lebih tinggi dan kekhawatiran penurunan ekonomi telah mengguncang mata uang kripto karena investor melarikan diri dari aset berisiko, sementara kebangkrutan pertukaran kripto FTX baru-baru ini makin menambah ketidakpastian.

"Sejak awal tahun ini, faktor ekonomi makro dan geopolitik telah membebani pasar keuangan," kata sumber di Kraken, seperti dikutip Reuters.

Kraken mengatakan telah mengalami penurunan volume perdagangan dan lebih sedikit klien yang mendaftar. Mereka menambahkan bahwa PHK kali ini akan membuat jumlah karyawan sama dengan 12 bulan yang lalu.

Awal bulan ini, pertukaran kripto Coinbase Global Inc  juga memangkas pekerjaan dalam tim rekrutmen dan orientasi institusionalnya.

Kraken, yang sebelumnya memperlambat perekrutan dan menarik kembali pengeluaran pemasaran, mengatakan terpaksa memangkas pekerjaan karena telah menghabiskan langkah-langkah lain untuk menyesuaikan biaya dengan permintaan saat ini.

Sementara itu, ledakan pertukaran kripto FTX, korban profil tertinggi dari gejolak pasar tahun ini, terus bergejolak di seluruh industri, termasuk BlockFi yang juga mengajukan kebangkrutan awal pekan ini.

Kehancuran telah menyeret harga mata uang kripto terbesar, bitcoin, ke level terendah sekitar dua tahun.

Regulator global sejak itu telah mengitari perusahaan kripto dengan banyak yang