Kraken Putuskan Angkat Kaki dari Abu Dhabi, Ini Alasannya!
Bursa kripto Kraken putuskan hengkang. (Foto; Dok. The CryptoBasic)

Bagikan:

JAKARTA – Perusahaan perdagangan kripto terkemuka, Kraken, memutuskan untuk mengakhiri operasi di Abu Dhabi, menurut laporan terbaru dari Bloomberg. Langkah ini tampaknya diambil sebagai salah satu upaya pemangkasan biaya perusahaan.

Meskipun transaksi dalam Dirham, mata uang resmi Uni Emirat Arab, tidak lagi tersedia, Kraken masih mengizinkan pengguna dari wilayah tersebut untuk menggunakan layanannya.

Kraken memutuskan untuk menutup tokonya di Uni Emirat Arab kurang dari setahun setelah memperoleh lisensi untuk beroperasi di wilayah tersebut. Bursa ini bergabung dengan saingan seperti Binance dengan memasuki pasar tersebut.

Saat ini, perusahaan tersebut sudah tidak terlihat lagi di daftar Abu Dhabi Global Market (ADGM), yang merupakan pusat keuangan internasional yang didirikan pada tahun 2013.

Pada bulan Desember, Kraken juga mengumumkan keputusannya untuk mengakhiri operasi di Jepang, karena kondisi pasar yang tidak menguntungkan. Bursa ini pernah meninggalkan pasar pada tahun 2018, tetapi kemudian kembali setelah memperoleh lisensi dari regulator setempat.

Kraken memulai ekspansi ke Jepang pada tahun 2014. Rival Coinbase juga memutuskan untuk mengakhiri operasi di Jepang pada bulan Januari, karena kondisi pasar yang tidak stabil.

Setelah mengendarai gelombang pasar bullish pada tahun 2021, bursa utama terpaksa mengumumkan pemutusan hubungan kerja besar-besaran pada tahun 2022. Pada awal Desember, Kraken memecat 30 persen tenaga kerjanya seperti yang dilansir U.Today.

Terlepas dari performa kuat Bitcoin pada awal tahun ini, perusahaan-perusahaan mata uang kripto besar masih berjuang setelah industri ini mengalami serangkaian krisis yang merusak kepercayaan tahun lalu.