Abu Dhabi Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Spartan Pertama di Luar AS
Kejuaraan Dunia Spartan. (Sumber: WAM via The National News)

Bagikan:

JAKARTA - Memeringati Hari Nasional Uni Emirat Arab, Abu Dhabi akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Spartan pertama yang dihelat di luar Amerika Serikat (AS).

Kejuaraan dunia ini rencananya akan berlangsung di Gurun Liwa dari 3 hingga 5 Desember, yang diisi dengan rangkaian kegiatan Kejuaraan Dunia Anak Spartan, Kejuaraan Dunia Spartan Elit dan Kejuaraan Dunia Tim Spartan.

"The Spartan Worlds adalah acara unik dan inovatif yang berlangsung di Gurun Liwa yang spektakuler di Abu Dhabi," kata Sekretaris Jenderal Dewan Olahraga Abu Dhabi Aref Al Awani, seperti dilansir The National News dari Kantor Berita Negara WAM.

Kejuaraan ini akan semakin megah karena juga bertepatan dengan perayaan Golden Jubilee UEA. Turnamen ini akan dimulai pada hari Jumat, 3 Desember, dengan perlombaan Kejuaraan Dunia Anak Spartan.

Selanjutnya, kegiatan akan diikuti dengan gelaran Kejuaraan Dunia Elite Spartan. Dianggap sebagai permata mahkota akhir pekan, para pesaing ambil bagian dalam campuran setengah maraton lari berkecepatan tinggi, membakar kaki, dan tanjakan curam.

Kejuaraan Dunia Spartan
Kejuaraan Dunia Spartan. (Sumber: WAM via The National News)

Sedianya, kejuaraan dunia ini dihelat tahun 2020 lalu. Namun, pandemi COVID-19 yang terjadi secara global, membuat kejuaraan dunia ini ditunda.

Direktur Pengembangan Bisnis Spartan Cherie Bortnick menjelaskan mengapa ibu kota UEA dipilih sebagai tempat tahun ini.

“Medan Abu Dhabi sangat unik. Kebanyakan Spartan di seluruh dunia mengikuti kursus di pegunungan, tanah pertanian, taman, stadion dan lapangan tanah," ungkapnya.

“Hanya sedikit dan jauh antara Spartan yang mengalami lanskap gurun. Abu Dhabi akan terbuka, medan baru yang sepenuhnya unik di wilayah dunia ini," sambung Bortnick.

Tidak hanya medannya saja yang berbeda dengan event-event sebelumnya yang selalu diadakan di AS.

"Kejuaraan Dunia secara historis diadakan pada bulan September, tetapi ketika produk dan kejuaraan baru muncul, kami tahu ini adalah waktu untuk memperpanjang musim dan memastikan bahwa Kejuaraan Dunia menjadi balapan terakhir musim ini," tukasnya.

Ia menambahkan, cuaca di Abu Dhabi pada bulan Desember sempurna. Untuk diketahui, Emirat tidak asing dengan turnamen global dan sudah menjadi rumah bagi kompetisi papan atas seperti Kejuaraan Golf HSBC Abu Dhabi dan Grand Prix Abu Dhabi.