Bagikan:

 

JAKARTA — Google menjalin kemitraan dengan Unity dan Asosiasi Game Indonesia (AGI). Melalui kemitraan ini, Google meluncurkan program pelatihan dan sertifikasi Unity bagi para developer

Program dengan nama Google Play x Unity Game Developer Training ini akan dibuka secara gratis. Developer dari seluruh dunia bisa memilih salah satu dari tiga pembelajaran, yaitu Game Developer, Artist, atau Programmer

Seluruh peserta Google Play x Unity Game Developer Training akan mengikuti pelatihan secara online dengan total waktu 30 jam. Jika peserta berhasil mengikuti rangkaian pelatihan hingga selesai, mereka akan mendapatkan sertifikasi resmi Unity. 

Direktur Google Play Asia Tenggara dan Australia Kunal Soni mengatakan bahwa program ini telah berjalan sejak tahun 2023. Program ini terus ditingkatkan dan Google berencana menerima 500 peserta, lima kali lipat dari jumlah tahun lalu.

“Kami belajar banyak dari penyelenggaraan tahun pertama dan pelajaran yang didapat telah kami terapkan untuk menjadikan program tahun 2024 lebih besar dan lebih baik," kata Soni dalam keterangan yang VOI terima. 

Program bagi para developer ini dibuka mulai Selasa, 27 Februari hingga akhir Maret mendatang. Seluruh peserta yang berminat untuk mengikuti program Google Play x Unity Game Developer Training bisa mengunjungi situs web goo.gle/googleplayunity2024.

Selama program diselenggarakan, para peserta akan mendapatkan kursus dengan jadwal online yang bisa diatur secara mandiri, pembelajaran 10 modul, pelatihan keterampilan di industri game, dan pertemuan langsung untuk mengembangkan jejaring profesional. 

Dengan dibukanya program ini, Google ingin mengembangkan talenta teknis untuk mendorong potensi game. Sejalan dengan pernyataan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, pelatihan ini bisa memberikan kontribusi ekonomi secara signifikan. 

"Kami sangat mengapresiasi inisiatif Google Play dan Unity yang tidak hanya membantu pemerintah mencapai target kami untuk melatih hingga 3 ribu developer gim pada tahun ini, tetapi juga membantu kami untuk terus meningkatkan keterampilan generasi baru," ungkap Sandiaga Uno.