Bagikan:

 

JAKARTA – Google merupakan salah satu perusahaan teknologi yang hadir di acara Mobile World Congress (MWC) 2024. Perusahaan itu memamerkan tiga teknologi Kecerdasan Buatan (AI) di perangkat Android.

Teknologi AI pertama yang Google pamerkan adalah fitur Circle to Search. Fitur ini digunakan untuk mencari suatu objek secara cepat. Pengguna hanya perlu memotret objek, melingkari objek, dan menunggu hasil pencariannya.

Circle to Search diluncurkan pada 31 Januari lalu. Fitur ini hanya tersedia di beberapa perangkat, yaitu Pixel 8, Pixel 8 Pro, dan seri Samsung Galaxy S24. Dalam waktu dekat, Circle to Search akan diluncurkan di seri Galaxy S23, Z Fold dan Flip 5, dan masih banyak lagi.

Fitur berikutnya yang Google tunjukkan di MWC 2024 adalah Best Take. Dengan dukungan AI, Best Take bisa menganalisis gambar, memperbaiki pose orang yang dipotret, dan menyarankan subjek untuk melihat ke arah lensa sambil tersenyum.

Best Take diadaptasi dari fitur Google Foto berbasis AI yang mendukung fitur Magic Eraser dan foto Sinematik. Adaptasi teknologi ini membuat fitur Best Take menghasilkan gambar yang mulus dan bisa memperbaiki kesalahan latar belakang.

Teknologi ketiga yang Google pamerkan adalah mode penerjemah Layar Ganda untuk perangkat Pixel Fold. Fitur ini bisa digunakan untuk mengatasi hambatan bahasa karena sistem perangkat lunaknya akan menerjemahkan percakapan secara real time.

Ide dari teknologi ini cukup cerdas. Saat pengguna Pixel Fold menyalakan dukungan penerjemah Layar Ganda, hasil terjemahan akan ditampilkan di layar bagian dalam dan di layar bagian luar. Dengan begitu, lawan bicara bisa melihat ke layar bagian luar.

Seluruh teknologi AI ini dipamerkan di booth Android. Google akan memperkenalkan fitur-fitur tersebut dan membuka diskusi AI bersama CEO dan Co-Founder Google DeepMind, Demis Hassabis. Acara ini akan diselenggarakan hingga Kamis, 29 Februari.