Jeff Bezos, Nvidia, dan Microsoft Berinvestasi dalam Startup Pembuat Robot Mirip Manusia
Jeff Bezos, pemilik Amazon bersama sang ibunda. (foto: x Jeff Bezos @JeffBezos)

Bagikan:

JAKARTA - Pendiri Amazon.com, Jeff Bezos, Nvidia, dan nama-nama besar di dunia teknologi lainnya berinvestasi dalam startup Figure AI yang mengembangkan robot mirip manusia. Hal ini dilaporkan oleh Bloomberg News pada Jumat, 23 Februari mengutip orang-orang yang mengetahui situasi tersebut.

Figure AI, juga didukung oleh pembuat ChatGPT, OpenAI, dan Microsoft, sedang menggalang sekitar 675 juta dolar AS (Rp 10,5 triliun) dalam putaran pendanaan yang memiliki valuasi pre-money sekitar 2 miliar dolar AS (Rp31,3 triliun), menurut laporan tersebut.

Bezos telah berkomitmen 100 juta dolar AS (Rp1,5 triliun) melalui perusahaannya, Explore Investments LLC, dan Microsoft menginvestasikan 95 juta dolar AS (Rp 1,4 triliun) , sementara Nvidia dan sebuah dana yang berafiliasi dengan Amazon masing-masing menyediakan 50 juta dolar AS (Rp782,2 miliar).

Investasi dalam startup kecerdasan buatan telah mencuat setelah peluncuran ChatGPT dari OpenAI pada November 2022, karena para investor merasa ada peluang, bertaruh pada startup-startup ini yang mungkin dapat melampaui pesaing-pesaing besar.

OpenAI, yang pada satu waktu mempertimbangkan untuk mengakuisisi Figure, menginvestasikan 5 juta dolar AS (Rp78,2 miliar), tambah laporan tersebut.

Para pendukung juga termasuk divisi modal ventura Intel, LG Innotek, kelompok investasi Samsung, serta perusahaan modal ventura Parkway Venture Capital dan Align Ventures, tambah laporan tersebut. ARK Venture Fund, Aliya Capital Partners, dan Tamarack juga termasuk di antara investor dalam startup tersebut.

Amazon, Nvidia, Microsoft, dan Intel menolak untuk berkomentar, sementara nama-nama lain yang disebut dalam laporan, termasuk Figure AI,  juga tidak mau berkomentar.

Tahun lalu, Figure, yang berbasis di Sunnyvale, California, yang mengembangkan robot humanoid serbaguna yang dapat bekerja di berbagai lingkungan dan menangani berbagai tugas mulai dari gudang hingga ritel. Mereka mampu, menggalang 70 juta dolar AS (Rp 1,09 triliun) dari investor yang dipimpin oleh Parkway Venture Capital dalam putaran eksternal pertamanya.