Bagikan:

JAKARTA – Beberapa pengguna iPhone yang ingin beralih ke perangkat Android mungkin merasa kesulitan dalam memindahkan data. Pasalnya, perangkat Android tidak mendukung Quick Share Apple.

Jika Anda ingin memindahkan data dari iOS ke Android, Anda tidak perlu menggunakan cara yang sangat manual. Mengutip dari Makeuseof, Anda bisa mengunduh aplikasi buatan Google, yaitu Switch to Android, di App Store.

Setelah aplikasi terunduh, masuk ke akun Google dan ikuti petunjuk yang diberikan. Aplikasi ini akan membantu Anda memindahkan seluruh kontak, video, foto, informasi dari calendar, pengaturan perangkat, dan masih banyak lagi.

Obrolan WhatsApp dari iPhone Anda juga bisa dipindahkan ke perangkat terbaru. Namun, akan lebih baik jika data dicadangkan terlebih dahulu sebelum dipindahkan. Hal ini juga berlaku untuk aplikasi media sosial lainnya.

Jika Anda khawatir data seperti foto, video, atau dokumen akan hilang saat menggunakan aplikasi Switch to Android, walaupun hal ini sangat jarang terjadi, Anda bisa beralih ke cara yang lebih manual menggunakan kabel data.

Perlu diingat perangkat iOS dan Android memiliki kabel yang berbeda. Anda harus memiliki adaptor On-The-Go (OTG) untuk menghubungkan kedua kabel atau membeli kabel dengan set kabel Lightning dan kabel USB-C.

Jika menggunakan adaptor, sambungkan kabel Lightning ke OTG terlebih dahulu, lalu sambungkan adaptor ke perangkat Android. Namun, jika Anda menggunakan set kabel Lightning dan USB-C, Anda bisa langsung memasang kabelnya.

Pastikan kabel sudah terpasang dengan sempurna dan kedua perangkat sudah terhubung. Setelah itu, pindahkan seluruh data yang diinginkan. Selama pemindahan data dilakukan, jangan mainkan kedua perangkat dan pastikan kabelnya tidak terputus.