Bagikan:

 

JAKARTA - Selain meluncurkan Tab Organizer dan pembuat tema generatif berbasis Kecerdasan Buatan (AI), Google Akan meluncurkan fitur Bantu Saya Menulis di Chrome 122.

Fitur ini bisa dioperasikan di seluruh layanan Google yang menghadirkan dukungan kepenulisan seperti Gmail, Dokumen, dan masih banyak lagi. Menurut laporan 9to5google, fitur ini didukung oleh model Gemini yang dikembangkan oleh Google. 

Saat fitur ini diluncurkan, pengguna Chrome hanya perlu mengeklik mouse atau touchpad bagian kanan hingga fitur Bantu Saya Menulis terlihat. Setelah itu, pengguna bisa memasukkan perintah yang diinginkan untuk memberikan ide kepenulisan. 

Bantu Saya Menulis bisa memahami konteks halaman situs web yang sedang dibuka dan memberikan saran konten yang relevan. Misalnya, saat pengguna membuka Gmail, sarannya akan mengarah ke penulisan yang formal dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. 

Google juga memberi contoh, "misalnya, jika Anda menulis ulasan untuk sepasang sepatu lari, Chrome akan mengeluarkan fitur-fitur utama dari halaman produk yang mendukung rekomendasi Anda sehingga lebih bernilai bagi calon pembeli." 

Fitur Bantu Saya Menulis akan meminta pengguna menuliskan deskripsi yang diinginkan. Saat fiturnya menghasilkan teks yang diminta, pengguna bisa mengatur teksnya menjadi lebih panjang dan membuat teksnya menjadi lebih santai atau lebih formal. 

Seluruh pengguna Chrome 122 di Mac dan Windows akan mendapatkan fitur ini. Jika fiturnya sudah diluncurkan, jangan lupa untuk membuka Pengaturan, setelah itu buka AI Eksperimental untuk mengaktifkan fitur Bantu Saya Menulis.