Warga Australia Kabur Bawa Uang Jutaan Dolar Setelah Perusahaan Trading Kripto Salah Kirim Dana ke Akun Pengguna
Warga Australia bawa kabur dana kripto. (Foto; Dok. Cryptocoinspy)

Bagikan:

JAKARTA - Kejadian mengejutkan terjadi di Australia, di mana warga negara tersebut menghilang dengan uang jutaan dolar yang diterima secara tidak sengaja dari platform perdagangan kripto. Kasus pertama melibatkan seorang pria asal Mildura, Victoria, yang diduga memanfaatkan kesalahan akun kripto sebesar 652.316 dolar AS (Rp10,2 miliar). 

Menurut laporan dari ABC, pria yang bernama Kow Seng Chai itu menghilang setelah platform perdagangan kripto Rhino Trading Pty Ltd secara keliru menambahkan satu angka nol tambahan ke akunnya pada 25 Januari 2024. Seharusnya, perusahaan tersebut hanya mengkreditkan akun Chai dengan 99.500 dolar Australia (Rp1,5 miliar), namun akibat kesalahan tersebut, Chai mendapatkan 995.000 dolar Australia (Rp15,5 miliar).

Rhino Trading Pty Ltd mengatakan bahwa Chai tidak merespons permintaan untuk mengembalikan uang tersebut. Saat perusahaan perdagangan menemukan kesalahan pada 4 Februari, Chai telah menggunakan sebagian dana untuk membeli Tether, sebuah kripto yang nilainya diikat dengan dolar AS, melalui akun yang dibuat oleh bisnisnya, Lotte Enterprise Pty Ltd. Dia menarik dana dalam beberapa angsuran harian maksimum sebesar 100.000 dolar AS (Rp1,5 miliar).

Pria berusia 37 tahun tersebut telah menghilang dan Mahkamah Agung Victoria telah mengeluarkan “perintah pembekuan” atas asetnya serta injunction yang mencegahnya meninggalkan Australia. Perusahaan perdagangan kripto tersebut mengklaim telah mengalami kerugian sebesar 491.934 dolar AS (Rp 7,6 miliar) akibat kesalahan tersebut.

BACA JUGA:


Kejadian Serupa 

Sementara itu, kejadian serupa pernaha terjadi pada Mei 2021, ketika seorang pasangan di Melbourne, Thevamanogari Manivel dan Jatinder Singh, secara tidak sengaja menerima 6,7 juta dolar Australia (Rp 104,6 miliar) dari Crypto.com, sebuah platform perdagangan kripto yang populer. Pasangan tersebut menerima dana tersebut setelah Crypto.com melakukan pengembalian atas transfer sebesar 100 dolar Australia (Rp1,5 juta) yang dilakukan oleh Manivel ke akun Crypto.com pasangannya.

Namun, bukan pengembalian 100 dolar Australia , melainkan secara keliru Crypto.com mengirimkan 10,5 juta dolar Australia (Rp163,9 miliar) kepada pasangan tersebut. Kejadian itu tidak disadari sampai Desember 2021 ketika Crypto.com melakukan audit tahunan.

Pasangan tersebut mengklaim bahwa mereka percaya telah memenangkan hadiah dari Crypto.com. Singh berargumen bahwa ia telah menerima pemberitahuan tentang kompetisi dari perusahaan tersebut sebelumnya. Namun, petugas kepatuhan Crypto.com, Michi Chan Fores, membantah adanya kompetisi tersebut, menyatakan bahwa Crypto.com tidak mengirimkan pemberitahuan semacam itu kepada penggunanya.

Pasangan tersebut diduga telah menggunakan uang tersebut untuk membeli rumah, mobil, dan hadiah untuk keluarga mereka. Pada September 2023, Manivel mengaku bersalah karena secara ceroboh menangani hasil kejahatan. Singh akan menghadapi sidang pembelaan atas tuduhan pencurian pada Maret 2024.

Kasus-kasus ini menunjukkan betapa rawannya perdagangan kripto terhadap kesalahan manusia dan teknis. Para pengguna kripto harus berhati-hati dan jujur dalam bertransaksi, serta memeriksa akun mereka secara berkala. Para penyedia layanan kripto juga harus meningkatkan sistem keamanan dan audit mereka, serta mengedukasi pengguna mereka tentang risiko dan tanggung jawab yang terkait dengan perdagangan kripto.