Bos Kripto Turki Bawa Kabur Rp29 Trilun Uang Investor
Bos Thodex kabur bawa uang investor kripto (Tangkapan layar, Thodex)

Bagikan:

JAKARTA – Bos bursa cryptocurrency terbesar di Turki, Faruk Fatih Ozer dikabarkan membawa kabur uang investor ke Thailand. Nominal uang yang dibawanya mencapai Rp29 Triliun.

Aksi bawa kabur uang investor itu diduga karena bursa Thodex yang diprediksi akan segera bangkrut. Akibatnya, ratusan ribu investor kripto mengkhawatirkan dana mereka lenyap begitu saja bersama Ozer.

Melansir Bloomberg, disebutkan Thodex dapat mengalami kerugian sebesar 2 miliar dolar AS atau sekitar Rp29 triliun. Dana tersebut berasal dari para investor, baik instansi maupun individu, yang mencapai 390 ribu pengguna Thodex.

Bos Thodex itu memberikan keterangan bahwa dirinya akan mengembalikan uang para investor kripto sekembalinya ke Turki. Ozer juga mengatakan dirinya siap dihukum. Dia mengutarakan pernyataan itu dari tempat yang belum diketahui.

Ozer juga menolak bahwa dana yang dibawanya itu berasal dari 390 ribu investor. Dia mengaku hanya mengambil uang dari 30 ribu pengguna Thodex. Sampai saat ini pihak berwajib sedang menyelidiki kejadian tersebut. Pejabat pemerintahan Erdogan memaparkan bahwa pihaknya ingin mengatur pasar kripto.

Sebelumnya, Ozer dikabarkan menghilang tiba-tiba dengan membawa dana Rp 29 triliun. Dia juga dirumorkan sedang berada di Thailand. Akibat kejadian ini, Ozer mengakui bahwa dirinya siap menutup platform perdagangan kripto Thodex dalam 4 hingga 5 hari lagi, Kamis 22 April.

Padahal sehari sebelumnya, para pengguna Thodex sudah tidak dapat masuk ke platform bursa kripto itu. Pihak berwajib melaporkan bahwa Faruk Fatih Ozer terbang dari Bandara Istanbul pada Selasa sore. Ozer juga dikabarkan menutup seluruh akun medsosnya.

Akibat kejadian ini pengacara para korban, Abdullah Usame Ceran melayangkan tuntutan hukum pidana kepada Ozer. Pengacara itu juga mengajukan banding pada pihak berwajib agar menyita aset platform yang meliputi rekening bank, kepemilikan dan saham.

Melansir Coinmarketcap, volume perdagangan di Thodex sendiri telah mencapai 538 juta dollar AS dalam perdagangan terakhirnya. Pengguna Thodex mempunyai 400 ribu anggota. Pengguna aktifnya berjumlah 391 ribu.