Bagikan:

JAKARTA -  Indonesia memiliki salah satu sektor gim dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Untuk merayakan Hari Gim Indonesia, Google menampilkan berbagai gim inovatif yang dibuat oleh pengembang Indonesia, yang tersedia di halaman Made in Indonesia di Google Play Store. 

"Perayaan ini tidak hanya menghormati makna budaya gim di Indonesia, tetapi juga menggarisbawahi potensi besar pengembang gim Indonesia," tulis Google Indonesia dalam blog resminya dikutip Kamis, 8 Agustus.

Google berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan sektor gim Indonesia dengan menawarkan ruang bagi pengembang lokal untuk menunjukkan keahlian mereka dan menjangkau audiens global.

Berikut ini adalah beberapa gim yang ditampilkan dalam halaman Game Made in Indonesia:

Lokapala: Gim Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) yang mendebarkan, menampilkan karakter dan mitologi yang terinspirasi dari cerita rakyat Indonesia. Lokapala dikembangkan oleh Anantarupa Studios, alumni dari program Indie Games Accelerator 2022.

Tahu Bulat Stories: Gim kasual yang menyenangkan di mana pemain menjalankan bisnis tahu bulat, melayani pelanggan, dan mengembangkan toko mereka. Tahu Bulat adalah pemenang Indonesia Games Contest tahun 2017.

Selera Nusantara: Karya dari Gambir Studios, alumni program Indonesian Games Accelerator, mengajak pemain menyelami warisan Indonesia yang beragam. Selera Nusantara tidak hanya menampilkan kreativitas dan bakat pengembang gim Indonesia, tetapi juga menyediakan platform untuk pertukaran dan apresiasi budaya dalam skala global.

Paw Rumble: Mulailah petualangan seru dengan karakter hewan menggemaskan dalam gim penuh aksi ini. Paw Rumble dari Nuon Games dinobatkan sebagai pemenang Best Made in Indonesia di Google Play Best of 2023.

Cat Legends: Benamkan diri Anda dalam petualangan kucing yang menawan dengan Cat Legends. Dikembangkan oleh Dreams Studio, alumni dari Indie Games Accelerator, gim ini mengumpulkan 200.000 pra-pendaftaran yang mengesankan di seluruh dunia sebelum peluncurannya di Google Play.

Google juga menyatakan berdedikasinya untuk meningkatkan kapasitas pengembang gim Indonesia melalui berbagai inisiatif, termasuk Indie Games Accelerator, Play x Unity Training program, dan banyak lagi.