Bagikan:

JAKARTA - Indonesia sebagai market gim terbesar di Asia Tenggara menjadi tuan rumah World Cyber Games (WCG), festival multi-gim terbesar di dunia yang telah ada sejak tahun 2001.

Rangkaian kegiatan WCG yang melibatkan 111 negara, 76 gim, dan 1,5 juta pemain gim dari seluruh dunia ini diadakan di berbagai negara di Asia Tenggara, Jepang, dan Korea Selatan, dengan puncak festivalnya di Indonesia pada 31 Agustus – 1 September 2024 di ICE BSD Tangerang.

Event yang menjadi bagian dari program Forum Bisnis Ekonomi Kreatif ini juga menjadi bentuk upaya para pelaku industri gim di Indonesia dalam mendukung perwujudan Peraturan Presiden (Perpres) no.19 yang isinya untuk mempercepat perkembangan industri gim Nasional.

"Kiranya ini bisa menjadi sarana promosi gim terbaik antar negara, dan dapat menginspirasi satu dengan yang lainnya," ujar Liz Zeny Merry - Plt. Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Kreatif, Kemenko Marves dalam konferensi pers yang diadakan pada Selasa, 4 Juni di Jakarta.

Rangkaian acara Forum Bisnis Ekonomi Kreatif yang mengawali Festival WCG akan dihadiri oleh berbagai stakeholder industri konten dari berbagai negara dan 100 top influencers dari Asia Tenggara dan Korea Selatan yang akan menghadiri Festival World Cyber Games 2024. 

Untuk aktivasi dan apresiasi gim nasional di tingkat regional, influencer-influencer dari mancanegara ini diundang untuk bermain dan mempromosikan gim-gim buatan Indonesia. Lokapala, gim buatan Indonesia akan menjadi salah satu official gim di ajang bergengsi ini.

Komite Ekraf dan Ketua Asosiasi CAKRA, Ivan Chen mengatakan bahwa ini adalah kesempatan emas untuk mendorong gim developer lokal untuk dapat melakukan aktivasi di Asia Tenggara. 

Partisipasi gim lokal di festival WCG 2024 dengan konsep barunya nantinya juga diharapkan dapat mendorong akses market gim lokal di kawasan Asia Tenggara dan global.