Chery akan Buka Pabrik Mobil di Spanyol Sekaligus yang Pertama di Eropa
Chery Omoda 5. (Dok. Chery International)

Bagikan:

JAKARTA - Desas-desus Chery akan buka pabrik di Eropa tampaknya segera jadi kenyataan. Merek otomotif dari China ini dikabarkan telah menandatangani kesepakatan usaha patungan dengan pabrikan EV Motors, dan pemerintah Catalan untuk memproduksi mobil di negeri matador sebagai tempat perakitan pertamanya di Eropa.

Melansir Reuters, Kamis, 18 April, perusahaan akan memulai produksi di akhir tahun ini di pabrik bekas milik Nissan yang telah ditutup sejak 2021 lalu. Pabrik ini dinilai dapat berkontribusi dalam menciptakan kembali sekitar 1.600 lapangan pekerjaan di sana.

Perusahaan telah tertarik untuk mengakuisisi pabrik bekas Nissan ini sejak 2022 lalu. Fasilitas ini sebagian akan diserahkan kepada pembuat sepeda motor listrik Spanyol Silence dan grup lokal QEV dan EV Motors, yang berencana mengubahnya menjadi pusat kendaraan listrik.

EV Motors sendiri telah mengakuisisi kendali penuh perusahaan atas hub tersebut pada bulan Maret, dan telah memainkan peran penting dalam pembicaraan dengan Chery.

Model Omoda akan menjadi mobil pertama yang akan dirakit di pabrik tersebut, sementara EV Motors akan memulai kendaraannya sendiri pada kuartal keempat tahun ini. Saat ini, Omoda 5 tersedia untuk pembelian di Spanyol dengan harga 29.900 euro (sekitar Rp516,6 juta).

"Saya melihat langkah ini sebagai konfirmasi atas komitmen nyata Chery terhadap Eropa,” kata Managing Director Chery Europe Jochen Tueting.

Sementara itu, negara Spanyol memiliki rencana ambisius untuk memproduksi kendaraan listrik dan baterai di negara tersebut menggunakan dana bantuan pandemi dari Uni Eropa yang dicanangkan pada 2020 lalu. Diketahui pabrikan seperti Volkswagen dan Renault termasuk di antara perusahaan yang telah mengumumkan investasi sejak saat itu.

Selain Spanyol, Italia menjadi negara lainnya yang tertarik menggaet Chery memproduksi kendaraan secara lokal selain juga ada Stellantis. Menteri Perindustrian Italia Adolfo Urso, menyatakan keinginan untuk memiliki pabrikan otomotif kedua yang dapat meningkatkan produksi hingga 300.000 kendaraan di tingkat nasional.

Chery juga berencana untuk memperluas cakupan pasarnya di negeri pizza dengan menghadirkan kendaraan bermerek Omoda dan Jaecoo pada kuartal ketiga tahun ini.