Maeving Bawa Motor Listrik Keren Ini ke Pasar Amerika Serikat 
Maeving RM1. (Dok. Moveelectric)

Bagikan:

JAKARTA- Setelah cukup dikenal di Inggris, perusahaan rintisan sepeda motor listrik asal Kota Coventry, Maeving berencana masuk ke pasar Amerika Serikat (AS) mulai akhir 2023 dan awal 2024.

Keinginan itu diungkap langsung pendirinya Will Stirrup, kepada Rideapart pada Kamis, 30 Maret. Stirrup menginginkan produknya RM1 bisa masuk ke pasar Amerika Serikat namun harus mengikuti tes uji dan bisa lolos memenuhi standar Departemen Perhubungan AS (DOT).

Sementara, jika RM1 masuk pasar Amerika Serikat, berkemungkinan tidak memiliki rival di pasaran. Meski banyak yang lebih murah seperti Metacycle Sondors, namun RM1 menawarkan keseimbangan yang sama antara daya tarik visual, bahan, dan harga.

Pengalaman berkendara Maeving RM1 juga mudah setelah diuji Motorcyclenews karena tempat duduknya yang rendah 785mm, bahkan mereka yang memiliki kaki pendek akan dapat naik. Begitu menduduki jok, cukup menyalakan kunci kontak, tekan tombol D untuk mengeluarkan motor dari posisi netral, dan siap berangkat.

2
Satu baterai memiliki berat 10 kg yang bisa digunakan untuk berkendara 64 km. (Dok. Moveelectric)

Untuk spesifikasinya, sepeda motor listrik ini memiliki shockbreaker ganda, dudukan tunggal, speedometer analog klasik, dan ban Dunlop Gold Seal 19 inci.

Untuk mesin, Maeving RM1 setara dengan sepeda motor bertenaga bensin 125cc. Beratnya relatif ringan hanya 95kg. Paket baterai dapat dengan mudah dilepas. Setiap baterai dirancang untuk perjalanan sejauh 64 km. Diperlukan waktu 3,5 jam untuk mengisi kembali daya baterainya. Kecepatan maksimum Maeving RM1 dibatasi hingga 72 km/jam.

Di Inggris, RM1 banderol 4.995 poundsterling (paket satu baterai) sekitar Rp92 juta dan 5.990 poundsterling (paket dua baterai) atau Rp111 juta.