Bagikan:

JAKARTA - Maeving, produsen motor listrik asal Coventry, Inggris, meluncurkan versi baru motor listrik perkotaan mereka yang ditingkatkan, RM1S. Model terbaru ini merupakan penyempurnaan dari RM1 yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2021.

RM1S ini memiliki kecepatan maksimum yang diklaim mencapai 105 km/jam, yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan RM1 standar yang hanya mampu mencapai 72 km/jam. Kenaikan performa ini disebabkan oleh penggunaan motor belakang dengan tenaga 9,4 dk yang telah ditingkatkan, dengan puncak output mencapai 14,3 dk, jauh lebih tinggi daripada model aslinya yang hanya memiliki puncak output 6 dk.

Dikutip dari MCN, 1 September, pengiriman RM1S yang dibanderol dengan harga 7.495 poundsterling atau sekitar Rp144 juta ini akan dimulai pada Maret 2024.

4

Selain mesin yang lebih bertenaga, mesin 2023 ini juga dilengkapi dengan sepasang baterai yang dapat dilepas sebesar 2,6kWh, yang mengklaim meningkatkan kapasitas baterai sebesar 30% dibandingkan dengan RM1 lama. Waktu pengisian baterai mencapai 80% dalam 3,5 jam, atau pengisian penuh dalam 4,5 jam - baik unit baterai dapat dihubungkan ke sumber daya eksternal di rumah.

Alternatifnya, baterai juga dapat diisi ulang pada sepeda motor dengan menghubungkan kabel langsung ke sepeda itu sendiri.

4

"RM1S adalah sepeda yang selalu diminta oleh para pengendara yang menginginkan sepeda motor tanpa emisi yang memiliki tampilan seperti RM1 tetapi mampu mencapai kecepatan tinggi di jalan raya. Kami telah bekerja sangat keras untuk memastikan bahwa semua hal yang membuat RM1 begitu populer di antara pelanggan kami dapat diadopsi ke RM1S yang baru, sambil memberikan performa yang lebih baik yang akan memungkinkannya digunakan dalam berbagai kasus penggunaan," ungkap Co-founder Will Stirrup.

Meskipun bertenaga, RM1S tetap mempertahankan penampilan yang khas dengan desain retro boardtracker, serta roda berbentuk 19 inci yang ikonik. Rangka cradle baja juga telah sedikit dimodifikasi, bersama dengan pengaturan suspensi depan yang tidak dapat diubah dan pengaturan suspensi belakang yang dapat diatur sebelumnya, namun tetap memberikan kenyamanan berkendara yang sama seperti sebelumnya, hanya dengan akselerasi yang lebih gesit.

Untuk memberikan daya pengereman yang lebih baik, sepeda ini kini dilengkapi dengan cakram depan 300mm (dari 240mm sebelumnya) yang bekerja sama dengan kaliper tunggal tiga piston.