Bagikan:

JAKARTA - OpenAI memperkenalkan SearchGPT, sebuah prototipe sementara fitur pencarian AI ini akan memberi Anda jawaban cepat dan tepat waktu dengan sumber yang jelas dan relevan.

“Kami sedang menguji SearchGPT, prototipe fitur pencarian baru yang dirancang untuk menggabungkan kekuatan model AI kami dengan informasi dari web,” kata OpenAI dalam blog terbarunya. 

Dengan demikian, saat ini perusahaan berencana untuk menguji produk tersebut dengan 10.000 pengguna awal dan kemudian meluncurkannya ke ChatGPT setelah mengumpulkan umpan balik. 

Melalui prototipe ini, perusahaan di balik suksesnya ChatGPT ini yakin bahwa dengan meningkatkan kemampuan percakapan modelnya dengan informasi real-time dari web, bisa menemukan apa yang Anda cari dapat menjadi lebih cepat dan mudah. 

Saat Anda mengajukan pertanyaan, SearchGPT akan dengan cepat dan langsung menanggapi pertanyaan Anda dengan informasi terkini dari web sambil memberi Anda tautan yang jelas ke sumber-sumber relevan.

“Anda akan dapat mengajukan pertanyaan lanjutan, seperti yang Anda lakukan dalam percakapan dengan seseorang, dengan konteks bersama yang terbangun pada setiap pertanyaan,” tambahnya. 

Dengan SearchGPT, OpenAI juga berharap dapat membantu pengguna menemukan situs dan pengalaman penerbit, sekaligus menghadirkan lebih banyak pilihan dalam pencarian. 

OpenAI bahkan mengaku telah bermitra dengan beberapa penerbit untuk membangun pengalaman ini dan terus mencari masukan mereka. 

“Pencarian AI akan menjadi salah satu cara utama orang menjelajahi internet, dan sangat penting. Kami berharap dapat bermitra dengan OpenAI dalam proses ini, dan menciptakan cara baru bagi pembaca untuk menemukan The Atlantic.” ujat Nicholas Thompson, CEO The Atlantic

Untuk saat ini, perusahaan berencana untuk mendapatkan umpan balik tentang prototipe SearchGPT dari pengguna dan penerbit serta menghadirkan pengalaman terbaik ke ChatGPT.