Bagikan:

JAKARTA - Google menghadapi ancaman yang semakin besar dari OpenAI yang dipimpin oleh Sam Altman, bahkan ketika perusahaan tersebut menunggu keputusan dari regulator antitrust di Washington tentang cara menyeimbangkan persaingan di bisnis pencarian internet.

Keputusan AS pada  Senin 5 Agustus yang menyatakan bahwa Google telah membangun monopoli pencarian ilegal dianggap sebagai kemenangan besar bagi regulator. Namun, peningkatan jumlah pengguna alat AI, termasuk chatbot ChatGPT yang populer dari OpenAI, sudah mulai mengikis dominasi Google, menurut sumber, investor, dan analis.

"Saya pikir bagi Google saat ini, AI adalah masalah yang jauh lebih besar daripada putusan itu. AI secara fundamental mengubah cara produk pencarian juga bekerja," kata Arvind Jain, mantan insinyur Google yang bekerja pada produk-produk seperti Search selama satu dekade.

Jain, yang sekarang menjalankan perusahaan pencarian di tingkat perusahaan bernama Glean, mengatakan dampak AI terjadi secara langsung dibandingkan dengan dampak dari putusan-putusan ini yang sering kali ditunda dan memerlukan waktu lama untuk memengaruhi pasar.

Google telah lama identik dengan pencarian, menguasai sekitar 90% pangsa pasar global dan menghasilkan sekitar  175 miliar dolar AS dalam pendapatan tahunan dari bisnis ini. Bahkan Apple, yang lebih suka membangun semua perangkat lunak dan sebagian besar perangkat keras yang ada di perangkatnya, mengizinkan Google menjadi mesin pencarian default mereka dengan bayaran yang besar.

Namun, hari-hari perlakuan istimewa untuk bayaran sudah berakhir bahkan sebelum serangkaian kasus pengadilan antitrust terselesaikan. Dalam upayanya dengan AI, Apple mengumumkan kemitraan dengan OpenAI untuk menghadirkan ChatGPT ke perangkat mendatang. Apple menekankan bahwa kesepakatan tersebut tidak eksklusif dan membuka peluang untuk menggandeng Google sebagai mitra lainnya.

Sebuah keputusan melawan Google akan mempercepat langkah Apple menuju layanan pencarian berbasis AI jika Apple terpaksa mengakhiri kesepakatan pencarian dengan Google, menurut para analis.

OpenAI yang didukung oleh Microsoft, bulan lalu mengumumkan peluncuran bertahap dari SearchGPT, sebuah mesin pencari bertenaga AI dengan akses real-time ke informasi dari internet.

Seorang mantan eksekutif senior Google memprediksi, "AI akan bergerak lebih cepat daripada kecepatan DOJ dalam mengambil tindakan terhadap Google. Seluruh monopoli akan berakhir, dengan kata lain, kecepatan AI akan mengambil alih pencarian."

Baik mantan eksekutif Google maupun banyak analis Wall Street sepakat bahwa Google memiliki bahan mentah yang dibutuhkan untuk memimpin di bidang AI, termasuk model bahasa besar untuk melatih AI-nya dan mesin pencari. Namun, upaya perusahaan tampaknya tersebar di tengah serangan OpenAI yang menarik pengguna muda.

Popularitas Generative AI mengejutkan Google. Meskipun menjadi sumber penelitian dasar di balik teknologi tersebut, Google tidak merilis produk konsumen hingga setelah ChatGPT menjadi aplikasi konsumen dengan pertumbuhan tercepat pada awal 2023.

"Ancaman terbesar bagi Google mungkin adalah Google itu sendiri - kunci adopsi AI adalah kepercayaan, dan kesalahan awal Google dengan Search Overviews menunjukkan bahwa insinyur Google lebih fokus pada peluncuran cepat daripada memastikan produk bekerja dengan benar, saat mencoba mengikuti kecepatan OpenAI dan lainnya," kata Rebecca Wettemann, CEO dan analis utama di firma riset Valoir.

Wettemann merujuk pada AI Overviews Google, fitur baru yang menggunakan AI untuk menjawab pertanyaan pencarian yang muncul sebelum tautan. Fitur ini dikritik karena menimbulkan kesalahan, termasuk menyarankan pengguna untuk memakan lem dan mengatakan Barack Obama adalah seorang Muslim. Google pun mengurangi penggunaan fitur tersebut awal tahun ini.

Gil Luria, seorang analis di D.A. Davidson, percaya bahwa pengawasan regulasi serta ancaman AI saling terkait. "Sebagian alasan DOJ menindak praktik bisnis Google adalah karena pasar sedang dalam keadaan fluks saat ini dan mereka ingin memastikan Google tidak memperpanjang dominasinya."

Sementara putusan antitrust mungkin belum berdampak besar pada Google, putusan tersebut seharusnya membuka pasar pencarian bagi lebih banyak pemain, kata Richard Socher, CEO dan pendiri startup mesin pencari AI You.com dan mantan kepala ilmuwan di Salesforce.

Namun, dia menambahkan bahwa mengakhiri dominasi Google dalam pencarian akan menjadi "sangat sulit."

"Tidak ada yang benar-benar membuat goresan besar pada dominasi pencarian Google hingga saat ini ... kita harus melihat apakah ini akan menjadi domino berikutnya yang akan jatuh untuk benar-benar memberikan konsumen lebih banyak pilihan, pilihan yang nyata