Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan di balik ChatGPT, OpenAI mengumumkan telah peluncuran GPT-4o mini, model kecerdasan buatan terbarunya yang lebih kecil dan juga paling hemat biaya.

Perusahaan berharap GPT-4o mini dapat memperluas jangkauan aplikasi yang dibangun dengan AI secara signifikan dengan membuat kecerdasan yang jauh lebih terjangkau.

Saat ini, GPT-4o mini mendukung teks dan visual dalam API, dengan dukungan untuk input dan output teks, gambar, video, dan audio yang akan hadir di masa mendatang. 

Model ini juga disebutkan memiliki jendela konteks 128K token, mendukung hingga 16K token output per permintaan, dan memiliki pengetahuan hingga Oktober 2023. 

“Berkat tokenizer yang ditingkatkan yang dibagikan dengan GPT-4o, penanganan teks non-Inggris kini menjadi lebih hemat biaya,” kata perusahaan dalam blognya dikutip Jumat, 19 Juli.

Meskipun lebih kecil, OpenAI mengatakan bahwa GPT-4o mini melampaui GPT-3.5 Turbo dan model kecil lainnya pada tolok ukur akademis di seluruh kecerdasan tekstual dan penalaran multimodal, dan mendukung rentang bahasa yang sama seperti GPT-4o. 

Model ini juga menunjukkan kinerja yang kuat dalam pemanggilan fungsi, yang dapat memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi yang mengambil data atau melakukan tindakan dengan sistem eksternal, dibandingkan dengan GPT-3.5 Turbo.

Tidak perlu khawatir tentang keamanan, karena OpenAI memastikan bahwa GPT-4o mini memiliki mitigasi keselamatan yang sama yang sudah terpasang seperti GPT-4o.

“Berdasarkan pembelajaran ini, tim kami juga berupaya meningkatkan keamanan GPT-4o mini menggunakan teknik baru yang diinformasikan oleh penelitian kami,” tambahnya.

Di ChatGPT, pengguna Gratis, Plus, dan Tim akan dapat mengakses GPT-4o mini mulai hari ini, menggantikan GPT-3.5. Sedangkan pengguna Enterprise juga akan memiliki akses mulai minggu depan.