Bagikan:

JAKARTA – OpenAI mengumumkan bahwa mereka akan merilis model Artificial Intelligence (AI) terbaru yang disebut GPT-4o. Model AI yang bisa berinteraksi lewat suara dan gambar ini akan ditambahkan ke dalam ChatGPT.

Saat melakukan streaming langsung, dikutip dari Reuters, peneliti OpenAI mengatakan bahwa GPT-4o mampu berinteraksi melalui percakapan suara. Pengguna bisa memberikan perintah melalui suara dan model AI tersebut akan merespons tanpa penundaan.

GPT-4o juga akan merespons setelah penggunanya selesai berbicara. Dua kemampuan ini akan menjadikan ChatGPT sebagai asisten suara AI yang lebih realistis dibandingkan chatbot lainnya. Menariknya lagi, model AI ini bisa berinteraksi melalui gambar.

Saat memperkenalkan GPT-4o, peneliti OpenAI memamerkan model AI tersebut dan mendemonstrasikan sedikit penggunaannya. Saat menggunakan kemampuan asisten suara ChatGPT, peneliti itu bisa menyelesaikan persamaan matematika.

Tak hanya itu, ChatGPT yang ditenagai GPT-4o juga bisa dijadikan sebagai alat terjemahan bahasa secara real-time dan dengan latensi yang sedikit. Sayangnya, belum diketahui bahasa apa saja yang bisa diterjemahkan oleh GPT-4o.

GPT-4o tidak hanya dirancang sebagai model AI yang lebih canggih, tetapi juga bisa berinteraksi dengan santai. Seperti saat peneliti memuji kemampuan model AI tersebut, ChatGPT menjawab, "Oh, hentikan! Kamu membuatku tersipu!"

Kemampuan ini mirip dengan chatbot Grok. Meski GPT-4o belum bisa sesantai model AI buatan xAI, ini merupakan peningkatan yang bagus. Dengan Kemampuan berinteraksi secara santai dan fitur yang canggih, GPT-4o bisa lebih unggul dari model AI lainnya.

Sementara itu, masih di acara streaming yang disiarkan OpenAI, CTO OpenAI, Mira Murati, mengatakan bahwa model baru ini bisa diakses secara gratis, tidak seperti GPT-4 yang memerlukan biaya. Namun, perusahaan akan tetap menyediakan versi berbayar.

Versi premium dari GPT-4o tidak memiliki batasan kapasitas, tetapi masih belum jelas batasan seperti apa yang akan diterapkan di versi gratis. Untuk merasakan model AI-nya secara langsung, penggemar ChatGPT harus menunggu beberapa minggu lagi.