Bagikan:

JAKARTA – Saat ingin membeli ponsel baru, calon pembeli biasanya hanya memeriksa prosesor, RAM, kapasitas penyimpanannya, dan kamera. Padahal, banyak spesifikasi lain yang perlu diperhatikan sebelum membeli.

Dikutip dari How to Geek, Anda perlu memperhatikan kecerahan layar ponsel. Bukan hanya di dalam ruangan, tetapi juga di luar ruangan. Anda sebaiknya memilih ponsel yang menggunakan layar anti-reflektif agar masa pakai baterai tidak cepat terkuras.

Berikutnya, Anda perlu memeriksa speaker yang digunakan. Terkadang, meskipun spesifikasi prosesor dan kameranya bagus, speaker yang digunakan bisa terdengar buruk. Jangan sampai Anda membeli ponsel dengan speaker yang pecah.

Ada baiknya, Anda mencari ponsel yang memiliki fitur Dolby Atmos. Fitur ini akan memberikan suara yang jernih dan dalam, baik saat memutar audio melalui speaker ataupun headset. Fitur ini sangat dibutuhkan bagi Anda yang gemar menonton di ponsel.

Selain speaker, mikrofon juga penting untuk dicari tahu terlebih dahulu. Meskipun speaker Anda terdengar sangat jernih, belum tentu mikrofonnya bagus. Jika mikrofon di ponsel Anda bermasalah, suara Anda bisa terendam saat melakukan panggilan.

Terakhir, Anda sebaiknya mencari perangkat dengan akses sidik jari. Selain lebih aman, penggunaan sidik jari jauh lebih efisien. Ada banyak tipe sidik jari yang bisa Anda pilih, mulai dari akses sidik jari di tombol Power atau di layar bagian tengah.

Hampir semua ponsel memiliki dukungan sidik jari saat ini, tetapi Anda harus memperhatikan latensinya. Semakin cepat ponsel aktif saat menggunakan sidik jari, semakin sedikit juga latensinya. Oleh karena itu, cari perangkat dengan latensi yang sedikit.