Bagikan:

JAKARTA – Qualcomm, pengembang semikonduktor dan perangkat lunak ternama, akan meluncurkan prosesor terbaru, yaitu Snapdragon 8 Gen 4. Kabarnya, prosesor ini akan diluncurkan pada Oktober mendatang.

Meski prosesornya masih dikembangkan, beberapa bocoran mengenai kinerja komponennya sudah tersebar. Salah satu bocoran yang banyak disoroti adalah dukungan GPU untuk memainkan game yang sangat berat seperti Genshin Impact.

Dilaporkan oleh pembocor ternama Digital Chat Station, dikutip dari Android Police, Snapdragon 8 Gen 4 bisa menjalankan Genshin Impact dalam resolusi 1080p. Ini merupakan resolusi asli dari Genshin sehingga dibutuhkan kekuatan GPU yang sangat mumpuni.

Mayoritas perangkat keras membatasi penggunaan Genshin Impact dengan resolusi 720p. Hal ini dilakukan agar perangkat tidak rusak karena tekanan GPU. Oleh karena itu, dukungan resolusi 1080p menunjukkan bahwa kinerja Snapdragon 8 Gen 4 memang sangat tinggi.

Beberapa sumber mengatakan bahwa perangkat pertama yang akan menggunakan prosesor canggih ini adalah Xiaomi 15. Jika informasi ini terbukti benar, para penggemar game berat mungkin harus menunggu hingga Samsung atau OnePlus mengadopsi prosesornya.

Snapdragon 8 Gen 4 memang proses yang sangat canggih, tetapi ada beberapa risiko yang mungkin akan dihadapi para pengguna perangkat kerasnya. Kemungkinan besar, ponsel yang mengadopsi prosesor ini akan cepat panas karena banyak menggunakan GPU.

Selain itu, prosesor ini kabarnya membutuhkan kapasitas baterai mencapai 6.000mAh. Dengan kapasitas sebesar ini dan penggunaan GPU yang sangat berat untuk bermain game, perangkat yang mengadopsi prosesornya bisa lebih berat dan lebih besar.