Bagikan:

JAKARTA – Pada 7 Mei lalu, terungkap bahwa WhatsApp sedang mengerjakan fitur kategori untuk pencarian saluran. Fitur ini rupanya sedang memasuki tahap penyempurnaan dan sedang diuji di versi WhatsApp beta.

Ditemukan oleh WABetaInfo, pencarian saluran berdasarkan kategori ini ditambahkan ke pembaruan WhatsApp beta dengan versi Android 2.24.10.20. Pembaruan ini ditambahkan untuk menyederhanakan proses pencarian saluran.

Di versi yang tersedia untuk publik, fitur pencarian saluran masih cukup terbatas. Untuk melihat rekomendasi saluran, pengguna harus menggulir layar dan mengeklik menu Temukan Saluran. Setelah itu, pengguna akan melihat beberapa kategori saluran.

Ada kategori Jelajahi, Paling Aktif, Populer, dan Baru. Meski fitur Temukan Saluran sudah mempermudah pencarian, WhatsApp ingin membuat pengalaman pengguna menjadi jauh lebih mudah dengan menghadirkan kategori yang lebih spesifik.

Pada versi WhatsApp beta terbaru, katalog saluran terbaru akan mengurutkan saluran berdasarkan kategori Bisnis, Hiburan, Gaya Hidup, Berita dan Informasi, Organisasi, Orang, dan Olahraga. Di bagian atas katalog, pengguna akan melihat menu Temukan Saluran.

Di dalam katalog tersebut, pengguna WhatsApp juga bisa langsung mencari saluran yang mereka inginkan dengan mengeklik ikon Penelurusan di pojok kanan atas. Saat kotak pencarian muncul, pengguna akan melihat rekomendasi kategori di bagian bawah.

Katalog pencarian saluran memang mempermudah pengalaman pengguna, tetapi tidak diketahui di mana katalog tersebut akan ditempatkan dan seperti apa tampilan luarnya. Belum diketahui juga kapan fitur ini akan dirilis ke publik.