Bagikan:

JAKARTA - iPhone 16 Pro dikabarkan akan memiliki fitur perekaman video 4K pada 120fps, menurut bocoran terbaru. Fitur ini merupakan peningkatan dari perekaman 4K/60fps yang terdapat pada model sebelumnya, seperti iPhone 15.

Beberapa ponsel Android flagship, termasuk Sony Xperia, Samsung Galaxy S24 Ultra, Galaxy Z Fold 6, dan vivo X100 Ultra, telah menawarkan kemampuan ini. Fitur ini memungkinkan perekaman video gerak lambat yang lebih detail dibandingkan dengan mode 1080p/240fps saat ini.

Tidak jelas apakah perekaman 4K/120fps ini akan tersedia di semua lensa belakang iPhone 16 Pro. Namun, iPhone 16 Pro dilaporkan akan memungkinkan pengguna menghubungkan penyimpanan eksternal untuk merekam video ProRes 4K pada 120fps, memberikan fleksibilitas lebih dalam pengeditan video berkualitas tinggi.

Ada juga kabar bahwa Apple sedang menguji perekaman video 8K pada iPhone 16 Pro. Namun, belum dapat dipastikan apakah fitur ini akan hadir di perangkat komersial.

Untuk merekam video 8K, dibutuhkan kamera dengan resolusi minimal 33MP, yang memungkinkan fitur ini bisa digunakan pada kamera utama 48MP dan lensa ultrawide 48MP yang diperkirakan akan hadir di iPhone 16 Pro.

Meskipun perekaman video 8K sudah ada di beberapa ponsel Android sejak 2020, fitur ini dinilai masih belum sepenuhnya diperlukan pada tahun 2024. Namun, kelebihannya adalah pengguna dapat memotong bagian video dengan lebih detail setelah perekaman. Samsung bahkan menawarkan fitur 8K Video Snap yang memungkinkan pengguna mengambil frame 33MP dari klip video 8K, mirip dengan mode foto burst.

Selain itu, iPhone 16 seri juga dilaporkan akan mendukung format JPEG-XL, fitur untuk menjeda dan melanjutkan perekaman video di aplikasi kamera, penghapusan kebisingan angin di video, serta gaya fotografi baru.