Fitur Baru Always On-Display Bakal Hadir di Layar Seri iPhone 2021
Fitur baru iPhone akan membuat banyak perbedaan dibandingkan seri sebelumnya. (foto : Apple Insider)

Bagikan:

JAKARTA - Menjelang akhir tahun ini pasar global akan kedatangan seri iPhone terbaru. Menariknya, Apple akan mengusung fitur layar anyar untuk ponsel yang diklaim merupakan seri iPhone 13.

Dilaporkan jurnalis Bloomberg yang dikutip dari Apple Insider, Senin 19 Juli, Mark Gurman mengatakan seri iPhone 2021 mungkin akan memiliki fitur Always On-Display yang mirip dengan iWatch. Fitur ini akan bekerja laiknya yang telah disematkan pada kebanyakan smartphone Android.

Gurman juga menyampaikan laporan lainnya apabila seri iPhone 2021 akan memiliki peningkatan pada daya tahan baterai, dibekali lekukan layar yang lebih ramping dengan refresh rate 120Hz. 

Bagian dapur pacunya, Gurman juga mengatakan seri iPhone 2021 akan menggunakan prosesor A15 yang memiliki sejumlah peningkatan performa dari sebelumnya. Prosesor tersebut juga akan memungkinkan menghasilkan kualitas perekaman video yang lebih baik.

Fitur Always On-Display sebenarnya juga telah ramai diperbincangkan sebelumnya. Salah satu leaker, Max Weinbach, juga telah mengisyaratkan awal tahun ini bahwa Apple akan menggunakan jenis panel polikristalin oksida (LTPO) bersuhu rendah pada seri iPhone 2021.

Panel itu sama seperti yang disematkan pada produk smartwatch Apple. Bocoran dari Max Weinbach sesuai dengan laporan Bloomberg yang juga menyebut jika akan hadir panel LPTO untuk fitur Always On-Display pada salah satu model smartphone dari keempat seri iPhone 2021.

Pada perangkat iWatch, teknologi pada LTPO digunakan secara dinamis untuk menyesuaikan refresh rate layar smartwatch untuk menghemat masa pakai baterai. Seorang analis andal lainnya, Ming-Chi Kuo juga sudah mengatakan pada awal tahun ini, apabila seri iPhone 2021 model Pro akan memiliki layar LTPO dan refresh rate 120Hz.

Terakhir, Gurman juga menyampaikan jika perusahaan akan segera mengumumkan MacBook Pro generasi terbaru, di antara September dan November mendatang. Laptop terbaru itu akan mulai diproduksi secara massal pada kuartal ketiga tahun ini.