Bagikan:

JAKARTA - Peluncuran iPhone 16 memang baru saja berlangsung pekan lalu, namun rumor terbaru mengenai jajaran iPhone 17 sudah mulai bermunculan.

Ross Young dari Display Supply Chain Consultants menginformasikan bahwa iPhone 17 standar dan model yang lebih ramping, yang disebut sebagai "iPhone 17 Air," akan dilengkapi dengan teknologi ProMotion. Teknologi ini memungkinkan layar perangkat memiliki refresh rate hingga 120Hz untuk pengalaman scrolling dan konten video yang lebih mulus.

ProMotion juga memungkinkan layar iPhone 17 dan iPhone 17 Air menurunkan refresh rate untuk penghematan daya yang lebih efisien. Model iPhone 13 Pro dapat menurunkan refresh rate hingga 10Hz, sementara iPhone 14 Pro hingga iPhone 16 Pro mampu mencapai 1Hz, memungkinkan fitur always-on display yang menampilkan elemen layar kunci meski perangkat terkunci. Namun, belum jelas apakah iPhone 17 dan iPhone 17 Air akan memiliki kemampuan menurunkan refresh rate hingga 10Hz atau 1Hz.

Sebagai perbandingan, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus standar masih menggunakan layar dengan refresh rate 60Hz.

Ross Young memiliki rekam jejak yang baik dalam memberikan informasi terkait layar pada produk-produk Apple di masa depan, termasuk menjadi sumber pertama yang mengungkapkan bahwa iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max akan hadir dengan layar yang lebih besar, yakni masing-masing 6,3 inci dan 6,9 inci.

Apple diperkirakan akan mengumumkan seri iPhone 17 pada September 2025