Bagikan:

JAKARTA - Ketika Anda ingin mengosongkan ruang penyimpanan di ponsel, menghapus aplikasi adalah salah satu cara yang efektif, apalagi ketika banyak aplikasi yang tidak pernah digunakan. 

Daripada menelusuri setiap aplikasi di ponsel dan mencoba mengingat kapan terakhir kali Anda menggunakannya, Anda bisa melihat dan menghapus aplikasi yang tidak digunakan dengan mudah menggunakan aplikasi pengelola file dari Google. 

Cara menemukan dan menghapus aplikasi tidak terpakai di Android 

  1. Pertama, install atau buka aplikasi Files by Google
  2. Buka opsi Menudengan ikon tiga garis horizontal, lalu pilih clean
  3. Dari sana, Anda akan menemukan saran berlabel Hapus aplikasi yang tidak digunakan atau Delete unused apps 
  4. Jika Anda menemukan warna abu-abu, artinya Anda perlu memberikan izin kepada aplikasi Files untuk mengakses data penggunaan aplikasi Anda. Untuk melakukannya, pilih Hapus aplikasi yang tidak digunakan dan ikuti petunjuk izin
  5. Setelah Anda memberi izin pada aplikasi untuk mengakses data aplikasi Anda, lanjut ke langkah terakhir 
  6. Untuk menghapus aplikasi, cukup pilih aplikasi tersebut lalu ketuk tombol hapus di bagian bawah layar. Anda dapat memilih beberapa aplikasi untuk menghapusnya sekaligus. 

Cara menemukan dan menghapus aplikasi tidak terpakai di iPhone 

  1. Luncurkan aplikasi Settingspada iPhone atau iPad 
  2. Ketuk General
  3. Ketuk iPhone Storage
  4. Daftar semua aplikasi di perangkat iOS akan muncul. Gulir ke bawah dan lihat tanggal terakhir digunakan atau Last Used:di bawah judul setiap aplikasi
  5. Jika sudah beberapa minggu atau bulan tidak digunakan, akan muncul tulisan Never Used
  6. Akan ada dua opsi uninstall yang akan muncul di layar. Ketuk Offload Appuntuk membongkar aplikasi tetapi tetap mempertahankan dokumen dan data, atau ketuk Delete App untuk menghapus aplikasi dan semua data terkait dari perangkat Anda.