Bagikan:

JAKARTA - Salah satu cara untuk mengurangi jumlah penggunaan memori di suatu aplikasi adalah dengan menghapus cache di aplikasi tersebut. Cache biasanya akan menyimpan data situs web sehingga situs web dimuat lebih cepat saat Anda mengunjunginya lagi.

Namun, jika terlalu banyak cache, itu akan menyebabkan penyimpanan Anda cepat penuh. Nah, berikut ini adalah tutorial cara menghapus cache di aplikasi YouTube melalui Android dan iOS.

Cara Menghapus Cache YouTube di iOS

Di iPhone, Apple tidak menyediakan fitur terpisah untuk menghapus cache aplikasi. Satu-satunya cara adalah menghapus instalasi aplikasi. Jika Anda ingin menghapus cache YouTube untuk aplikasi iPhone, ikuti langkah-langkah ini:

1. Buka Pengaturan dan pilih Umum > Penyimpanan iPhone

2. Ketuk YouTube dari daftar aplikasi

3. Di halaman berikutnya, ketuk Hapus Aplikasi

4. Ketuk Hapus Aplikasi sekali lagi dari pop-up untuk mengonfirmasi.

Selain itu, Anda juga bisa menahan ikon YouTube di home iPhone Anda, kemudian ketuk Hapus Aplikasi, lalu pilih Hapus Aplikasi > Hapus.

Cara Menghapus Cache Aplikasi YouTube di Android

Berbeda dengan di iPhone, Anda bisa menghapus cache YouTube tanpa perlu menghapus instalasi aplikasi di Android. Untuk menghapus cache aplikasi YouTube di Android, ikuti langkah-langkah ini:

1. Buka Pengaturan dan pilih Aplikasi

2. Di halaman berikutnya, ketuk YouTube jika muncul di bawah Aplikasi yang baru dibuka. Jika tidak, ketuk Lihat semua aplikasi, lalu pilih YouTube di halaman berikutnya

3. bawah halaman Info aplikasi YouTube, ketuk Penyimpanan & cache. Anda akan melihat jumlah penyimpanan yang ditempati YouTube, ditambah rincian penggunaannya

4. Ketuk Bersihkan cache.