Bagikan:

JAKARTA - Tanpa disadari penyimpanan di ponsel Anda cepat sekali berkurang alias habis. Hal yang pertama Anda lakukan sudah pasti menghapus foto atau video lama, tetapi pernahkah terpikir untuk menghapus cache di aplikasi Facebook.

Meski jumlahnya tidak besar, tetapi dengan menghapus cache Facebook Anda cukup membantu menambahkan jumlah penyimpanan di perangkat Anda, tapi sebagai gantinya Anda mungkin meningkatkan penggunaan data sebagai gantinya.

Karena perangkat Anda mengunduh ulang file dari server Facebook lagi, ini akan menghabiskan lebih banyak data seluler Anda jika Anda tidak tersambung ke WiFi saat menggunakan aplikasi.

Cache merupakan kumpulan file digital kecil yang disimpan secara offline oleh perangkat Anda sehingga tidak perlu mengunduh ulang data setiap kali Anda membuka aplikasi.

Untuk Facebook, itu termasuk halaman yang Anda kunjungi dan tautan yang Anda gunakan untuk sampai ke sana, serta banyak aktivitas Anda yang lain dalam platform media sosial Meta. Meski kecil, data ini dapat menghabiskan penyimpanan berharga di perangkat Anda.

Untuk itu, berikut cara menghapus cache di aplikasi Facebook Anda yang dapat dilakukan di browser Chrome, Safari, Firefox, Edge, dan lainnya. Atau, Anda dapat menghapus cache langsung dari aplikasi seluler Facebook.

Cara Menghapus Cache Facebook di Android

1. Buka aplikasi Pengaturan di ponsel atau tablet Android Anda.

2. Ketuk Aplikasi atau Aplikasi dan notifikasi.

3. Pilih Kelola aplikasi atau Lihat semua aplikasi.

4. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan Facebook dan ketuk.

5. Pilih Penyimpanan atau Penyimpanan dan cache.

6. Kemudian, Anda akan disajikan dengan dua opsi, Hapus penyimpanan dan Hapus cache. Memilih Hapus penyimpanan akan membebaskan lebih banyak ruang di perangkat Anda, tetapi juga akan menghapus sandi tersimpan dan info masuk lainnya. Pastikan Anda telah mengingatnya atau menyimpannya di tempat lain.

Namun, tidak ada cara untuk menghapus cache Facebook dari versi iOS-nya, pengguna disarankan untuk mencopot aplikasi kemudian menginstal ulang untuk membersihkan penyimpanan lebih di dalam aplikasi. Demikian dikutip dari Slashgear, Senin, 10 April.