Cara Mengatasi Memori Penuh di Hp Samsung, Begini Langkah-langkahnya
Cara mengatasi memori penuh di hp Samsung (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kondisi memori ponsel yang penuh memang bikin kesal dan mengganggu kenyamanan. Ketika kapasitas penyimpanan sudah overload, penggunaan ponsel pun jadi terbatas. Mau mengambil foto dan rekam video pun tidak bisa. Ingin unduh dan instal aplikasi juga tidak mencukupi. Performa ponsel pun jadi lambat gara-gara memori penuh. 

Memori atau kapasitas penyimpanan menjadi pertimbangan penting saat membeli ponsel. Namun besarnya memori juga menyesuaikan dengan kelas ponselnya. Semakin mahal atau bagus sebuah ponsel, biasanya dibekal memori yang lebih besar juga. Namun sayangnya tidak semua orang bisa memiliki ponsel dengan penyimpanan besar.

Ponsel Andorid Samsung misalnya, memiliki memori internal berkapasitas mulai dari 16 Gb. Seringkali kapasitas memori ponsel tidak bisa memenuhi keinginan dalam penggunaan ponsel, baik untuk simpan foto dan video, instal aplikasi, dan lainnya. Jika Anda mengalami problem ini, ketahui cara mengatasi memori penuh hp Samsung. 

Cara Mengatasi Memori Penuh Samsung

Para pengguna ponsel harus selalu memperhatikan ruang penyimpanannya agar bisa digunakan secara optimal. Tidak sedikit pengguna yang abai dengan kapasitas memori penyimpanan, hingga kaget ketika tiba-tiba penuh. 

Tentunya Anda tidak ingin kinerja ponsel jadi lemot gara-gara memori penuh. Pastinya Anda juga ingin leluasa mengambil foto dan merekam video, serta mengunduh aplikasi tanpa peringatan memori penuh. Berikut ini cara mengatasi memori penuh hp Samsung yang bisa Anda praktikkan. 

Menghapus Cache

Banyak pengguna yang tidak menyadari bahwa penggunaan aplikasi akan menghasilkan data yang disebut Cache. Meskipun ukurannya terbilang kecil, namun jika dibiarkan dalam waktu lama maka dapat menambah beban penyimpanan. 

Itulah mengapa pengguna ponsel disarankan untuk membersihkan cache secara berkala. Berikut ini langkah-langkah menghapus cache aplikasi di ponsel:

  1. Silakan masuk ke menu ‘Pengaturan’ atau ‘Settings’ di ponsel Anda.
  2. Kemudian pilih menu ‘Penyimpanan aplikasi’.
  3. Lanjut memilih aplikasi yang paling sering, yang akan dihapus cache-nya.
  4. Setelah masuk ke keterangan aplikasi, klik opsi ‘Hapus cache'.
  5. Tunggu sebentar hingga cache atau data pada aplikasi tersebut berhasil dihapus.
  6. Lakukan metode ini secara berkala misalnya dua minggu sekali atau sebulan sekali. Dengan cara ini maka penyimpanan memori bisa lebih luang. 

Pindahkan File ke Kartu MicroSD

Cara lain yang bisa dilakukan untuk memperbanyak ruang memori adalah dengan memindahkan file ke kartu MicroSD. Supaya penyimpanan nggak penuh, pindahkan foto, video, maupun file lainnya ke memori eksternal. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Silakan masuk ke menu ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’.
  2. Lanjut memilih menu ‘Applications’. 
  3. Kemudian klik ‘Application manager’.
  4. Pilih file atau aplikasi yang ingin Anda pindahkan ke MicroSD.
  5. Saat file berhasil dipindahkan, akan muncul opsi yang bertuliskan ‘Move to SD card’.
  6. Terapkan cara ini setiap kali ada file baru yang dirasa memberatkan memori, seperti foto, video, dan lainnya.

Hapus Aplikasi yang Jarang Digunakan

Pernah mengecek kembali apa saja dan berapa banyak aplikasi yang terinstal di ponsel Anda? Seringkali di dalam ponsel terdapat banyak aplikasi yang jarang digunakan atau bahkan tidak pernah terpakai sama sekali. Padahal tumpukan aplikasi ini akan memakan ruang penyimpanan memori.

Ikut langkah-langkah berikut ini untuk menghapus aplikasi yang tidak pernah digunakan:

  1. Silakan buka menu ‘Pengaturan’ atau ‘Settings’ di ponsel.
  2. Pilih opsi ‘Perawatan Perangkat dan Baterai’ atau ‘Perawatan Perangkat’.
  3. Kemudian pilih menu ‘Penyimpanan’
  4. Pilih aplikasi yang sudah tidak digunakan atau jarang dipakai.
  5. Setelah itu akan ditampilkan aplikasi yang jarang atau sudah lama tidak digunakan.
  6. Tinggal memilih aplikasi yang ingin dihapus atau diuninstal dari ponsel.
  7. Lalu klik ‘Copot Pemasangan’ atau uninstall.

Matikan Fitur Unduh Otomatis di WhatsApp

Salah satu penyumbang file terbanyak di ponsel adalah dari aplikasi WhatsApp. Adanya fitur unduh otomatis di WhatsApp memang sangat membantu, namun di satu sisi bikin memori cepat penuh karena menyimpan foto dan video secara otomatis. Jadi sebaiknya matikan fitur unduh otomatis di WA dengan langkah-langkah berikut ini:

Silakan masuk ke aplikasi WhatsApp.

Lalu pilih ikon tiga titik di bagian kanan atas.

Selanjutnya pilih Setelan dan 'Penyimpanan dan data'.

Pada fitur 'Saat menggunakan data seluler', hilangkan centang pada foto audio, video, dan dokumen.

Lakukan hal yang sama pada fitur 'Saat terhubung ke Wi-Fi'.

Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi memori penuh di hp Samsung. Selalu ingat bahwa ponsel memiliki memori dengan kapasitas tertentu. Jadi selalu perhatikan pengunaan ruang penyimpanan saat melakukan berbagai aktivitas, seperti memfoto dan merekam video, instal aplikasi, menyimpan file, dan lainnya. Baca juga rekomendasi aplikasi cek kemacetan lalu lintas

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.