Penyebab Memori HP Penuh dan Cara Mengatasinya yang Selama Ini Jarang Disadari
Ilustrasi memori HP penuh (Unsplash/@pondjup)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kondisi memori HP penuh rasanya memang menyebalkan bagi pemilik ponsel. Ada berbagai macam penyebab memori handphone penuh atau full storage. Namun seringkali pemilik ponsel tidak menyadarinya atau justru mengabaikannya. 

Memori HP yang penuh akan menghambat aktivitas-aktivitas anda dalam menggunakan ponsel. Anda akan mengalami kendala seperti aplikasi jadi lambat, tidak bisa menyimpan foto dan video, tidak bisa menerima pesan, dan lainnya. Jadi, pengelolaan penyimpanan di memori ponsel sangat penting untuk dilakukan. 

Memori HP penuh bisa terjadi pada ponsel dengan kapasitas memori kecil maupun yang memorinya besar. Namun memang sebagian besar ditemukan pada ponsel yang memorinya lebih kecil. Biasanya pemilik ponsel akan mengatasinya dengan cara membersihkan atau menghapus file-file di memori. Namun cara tersebut tidak sepenuhnya berhasil karena seringkali memori akan penuh kembali. 

Penyebab Memori HP Penuh

Ada beberapa faktor yang menyebabkan memori HP menjadi penuh. Sebagian banyak orang mengira penyebabnya karena terlalu banyak foto atau video yang disimpan. Padahal memori penuh bukan karena itu saja. 

Penuhnya File Media dari Aplikasi Perpesanan

Salah satu penyebab memori ponsel penuh yang jarang diketahui orang adalah karena media pada aplikasi perpesanan. Setiap pemilik ponsel pastinya menginstal aplikasi perpesanan atau platform chating. 

Faktanya dalam aplikasi chating juga membutuhkan ruang penyimpanan untuk kiriman foto, video, dan audio. Penyimpanan-penyimpanan itulah yang membuat memori internal cepat penuh. Apalagi jika anda mengaktifkan fitur unduhan file secara otomatis. 

Banyak Cache yang Tidak Dihapus

Penyebab lain dari memori penuh adalah banyaknya cache yang tidak dihapus. Cache berfungsi sebagai penyimpan data yang dapat digunakan satu waktu ketika ada proses permintaan. Cache juga menyimpan data yang tidak diperlukan pengguna. 

Data-data cache apabila tidak dihapus maka akan menyebabkan memori penuh. Data cache terdapat pada berbagai aplikasi yang terinstal di ponsel, seperti Google Chrome, Google Playstore, dan lainnya.

Banyak Aplikasi Jarang yang Jarang Digunakan 

Memori ponsel juga bisa penuh karena adanya aplikasi yang jarang digunakan. Terkadang pemilik ponsel tidak menyadari ada aplikasi yang jarang bahkan tidak pernah digunakan. Anda bisa menghapus aplikasi-aplikasi tersebut untuk menghemat memori. 

Namun ada beberapa aplikasi bawaan ponsel yang tidak bisa dihapus. Meski tidak bisa dihapus, anda masih bisa menonaktifkannya. Selain itu, aktivitas dari aplikasi yang berjalan di latar belakang juga cukup memakan memori. Begitu juga dengan aplikasi yang mengalami pembaruan secara otomatis. 

Email dan Draft Jarang Dibersihkan

Banyak pemilik ponsel yang mengabaikan aplikasi perpesanan email. Padahal penyimpanan dalam email bisa menjadi penyebab memori penuh. Sebenarnya ukuran email tidak terlalu besar. Tapi karena dibiarkan menumpuk dalam waktu lama, maka memori yang digunakan menjadi besar. 

Jadi, anda pelru mengelola dan menghapus email secara berkala. Hapus email yang tidak penting. Selain itu, periksa juga folder draft yang berisi email-email yang berlum dikirim. Hapuslah data-data email yang menurut anda tidak penting. 

Cara Mengatasi Memori Penuh

Setelah tahu penyebabnya, selanjutnya anda perlu tahu tips mengatasi mempori penuh. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membuat memori lega kembali atau memiliki penyimpanan yang tersedia. 

Bersihkan Cache

Membersihkan cache jarang sekali dilakukan oleh pemilik ponsel. Bahkan banyak pemilik ponsel yang tidak tahu mengenai hal ini. Padahal data dalam cache menjadi salah satu penyebab memori penuh. Jadi anda perlu menghapus cache secara berkala pada aplikasi di ponsel anda. 

Menghapus Aplikasi yang Jarang Digunakan

Cara selanjutnya untuk mengatasi memori penuh adalah dengan menghapus aplikasi yang jarang digunakan. Aplikasi yang ada di ponsel biasanya memiliki kapasitas yang cukup menguras penyimpanan. Jadi anda perlu mengecek aplikasi-aplikasi yang jarang digunakan, lalu uninstall aplikasi tersebut. 

Menonaktifkan Fitur Auto Download 

Pemilik ponsel juga perlu mengaktifkan fitur auto unduh pada aplikasi perpesanan untuk bisa menghemat ruang. Banyak yang tidak sadar bahwa foto, video, audio, yang terunduh otomatis dari aplikasi chat menjadi penyebab memori penuh. 

Menggunakan Aplikasi Cleaner

Anda juga bisa mengatasi masalah memori penuh dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu Cleaner. Aplikasi cleaner bisa anda unduh di Play Store atau App Store. Aplikasi ini akan membantu anda membersihkan sampah-sampah atau penyimpanan di ponsel.

Itulah penyebab memori HP penuh dan cara mengatasinya. Ponsel yang memiliki memori besar maupun kecil sama-sama bisa mengalami kondisi memori penuh. Jadi kuncinya adalah selalu kelola penyimpanan anda. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.