Cara Menggunakan Fitur Periksa Keamanan dan Emergency SOS di Perangkat iPhone
Cara menggunakan emergency SOS di iPhone (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Hampir semua smartphone memiliki fitur untuk memeriksa keamanan dan juga Emergency SOS, salah satunya adalah perangkat milik Apple. 

Menurut Apple, dengan Emergency SOS, Anda dapat meminta bantuan dan memperingatkan kontak darurat Anda secara cepat dan mudah.

Pemeriksaan Keamanan

Pemeriksaan keamanan merupakan salah satu fitur baru yang paling signifikan di iOS 16. Fitur ini secara khusus ditujukan untuk orang-orang yang berada dalam situasi yang sulit atau penuh kekerasan di rumah.

Pemeriksaan Keamanan akan memungkinkan Anda untuk memutuskan beberapa atau semua koneksi Anda sehingga Anda tidak lagi dapat dilacak. 

Menurut Apple, data korban kekerasan tidak akan lagi dibagikan, data tersebut mencakup informasi seperti informasi lokasi, data rumah Anda, album foto, dan lainnya.

Untuk menggunakan Pemeriksaan Keamanan lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Settings > Privacy & Security > Safety Check. Dari sana, Anda akan melihat dua fitur: Emergency Reset dan Manage Sharing & Access.
  2. Jika Anda harus segera memutuskan akses ke akun Anda, pilih Emergency Reset. Anda akan dimintai Face ID atau ID lain untuk mengaksesnya.
  3. Ketuk Start Emergency Reset untuk melalui proses cepat melindungi data Anda dari orang dan aplikasi.
  4. Untuk melakukan peninjauan yang lebih cermat terhadap orang dan/atau aplikasi tertentu yang ingin Anda nonaktifkan, pilih Manage Sharing & Access. Sekali lagi, Anda mungkin dimintai ID.
  5. Ketuk tombol Continue. Kemudian Anda juga akan ditanya apakah Anda ingin memperbarui kata sandi ID Apple Anda, menambah atau mengurangi kontak darurat, atau memperbarui kode sandi perangkat Anda.

Emergency SOS

Emergency SOS memungkinkan Anda melakukan panggilan darurat dengan menekan dan menahan tombol samping dan salah satu tombol volume sebanyak lima kali.

Untuk mengatur SOS Darurat lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Settings > Emergency SOS.
  2. Aktifkan Emergency SOS dengan mengaktifkan Call with Hold atau Call with 5 Presses. Anda dapat memilih salah satu opsi, kemudian Anda akan mendapatkan hitungan mundur dan suara peringatan. Setelah itu, layanan darurat akan dipanggil.

Anda juga dapat memilih kontak darurat untuk diperingatkan jika SOS Darurat diaktifkan.

  1. Pilih Settings > Emergency SOS > Set up Emergency Contacts in Health.
  2. Anda akan dibawa ke halaman ID Medis lalu ketuk Create Medical ID.
  3. Gulir ke bawah ke Emergency Contact, dan ketuk tambahkan Emergency Contact. Anda kemudian dapat memilih seseorang dari daftar kontak Anda.