Fitur Emergency SOS via Satelit di iPhone 14 Berhasil Selamatkan Seorang Pria Terjebak Salju
Fitur Emergency SOS / DOK: Apple

Bagikan:

JAKARTA - Fitur baru Apple, Emergency SOS melalui Satelit yang belakangan kerap digembar-gemborkan, kini berhasil menyelamatkan pria yang terjebak di Alaska.

Emergency SOS melalui Satellite dirancang untuk pemilik iPhone 14 dapat meminta bantuan menggunakan konektivitas satelit saat dalam keadaan darurat ketika tidak ada koneksi seluler atau WiFi yang tersedia.

Pada 1 Desember, dini hari, Pasukan Negara Bagian Alaska menerima sebuah pesan SOS dengan lokasi yang dikenal sebagai Nimiuk Point, di mana terdapat pria dengan mobilnya yang terdapar karena terjebak salju di daerah tersebut saat melakukan perjalanan antara kota Noorvik ke Kotzebue.

Pengendara didapati menggunakan iPhone 14 miliknya agar bisa terhubung ke Pusat Tanggap Darurat Apple untuk meminta bantuan.

Kru penyelamat kemudian dikirim ke koordinat GPS yang telah ditransmisikan oleh ponselnya, lalu pria itu berhasil diselamatkan dan tidak ada luka. Daerah tempat dia berada jauh dari kota, tetapi konektivitas satelit tersedia.

Apple mengatakan bahwa konektivitas satelit mungkin tidak berfungsi di tempat-tempat di atas garis lintang 62 derajat seperti bagian utara Kanada, Alaska, Noorvik dan Kotzebue yang mendekati garis lintang 69 derajat.

Pasukan yang membantu penyelamatan terkesan dengan keakuratan dan kelengkapan informasi yang termasuk dalam peringatan awal, dengan fitur Emergency SOS melalui Satelit yang dirancang untuk mengajukan beberapa pertanyaan sebelum peringatan dikirimkan untuk mempercepat misi penyelamatan.

Melansir ZDNet, Sabtu, 3 Desember, tetapi, identitas pria itu belum terungkap. Sebagai informasi, Emergency SOS melalui Satelit terpasang di semua model iPhone 14 dan saat ini bisa diakses secara gratis.

Pengguna dapat mengaktifkannya dengan meminta bantuan jika mereka berada di area tanpa sinyal seluler atau Wi-Fi. Ponsel kemudian memandu pengguna melalui cara menyambung ke satelit terdekat dan mengajukan serangkaian pertanyaan.