Samsung Display dan Intel Rancang PC yang Dapat Digeser, Bukan Sekedar Dilipat
Pat Gelsinger, luncurkan beberapa produk baru Intel. (foto: twitter @intel)

Bagikan:

JAKARTA - Samsung Display dan Intel sedang merancang PC "slidable". Selama keynote Inovasi Intel 27 September, CEO Samsung Display, JS Choi, muncul di atas panggung untuk memamerkan prototipe PC yang meluncur dari tablet 13 inci menjadi layar 17 inci.

“Kami mengumumkan layar geser 17 inci pertama di dunia untuk PC,” kata Choi, seperti dikutip The Verge. “Perangkat ini akan memenuhi berbagai kebutuhan akan layar yang lebih besar dan juga portabilitas.”

Samsung Display telah memilih untuk menerapkan teknologi geser  dan bukan lipat untuk tampilan PC fleksibelnya. Choi tampaknya menunjukkan bahwa produk yang "dapat dilipat" pada PC untuk saat ini.

Intel telah bereksperimen dengan faktor bentuk PC baru selama bertahun-tahun dan pada awalnya mempersiapkan layar ganda dan PC masa depan yang dapat dilipat sebelum Microsoft membatalkan rencananya untuk Windows 10X pada perangkat yang dapat dilipat.

Jenis faktor bentuk baru ini sangat membutuhkan perangkat lunak dan aplikasi untuk membuatnya bersinar, dan belum jelas bagaimana Intel akan membuat PC yang dapat digeser menjadi kenyataan.

Perangkat prototipe yang dipamerkan Samsung Display dan Intel hari ini pada dasarnya mengubah tablet 13 inci menjadi monitor 17 inci dengan layar fleksibel dan mekanisme geser. Intel dengan cepat mendemonstrasikan perangkat lunak Unison barunya di layar ini, yang bertujuan untuk menghubungkan komputer yang didukung Intel ke smartphone, termasuk iPhone.

PC yang dapat digeser itu sendiri hanyalah sebuah konsep untuk saat ini, dan tidak ada kabar dari Intel atau Samsung Display kapan itu akan menjadi kenyataan.