Bagikan:

JAKARTA - Sebagai tampilan awal sebelum acara utama CES 2024, Samsung telah memberikan bocoran mengenai "generasi baru produk yang dapat dilipat ke dalam dan ke luar," bersama dengan OLED yang dapat dilipat dan digeser dengan ukuran monitor. Perangkat yang dapat dilipat ke dalam dan ke luar, dengan desain sejenis ponsel flip, disebut sebagai "In&Out Flip."

Perusahaan akan memberikan lebih banyak rincian tentang teknologi ini pada konferensi pers besok, namun sepertinya kita masih berada pada tahap konsep bukti. Meskipun seringkali perangkat seperti ini berakhir sebagai jalan buntu dalam evolusi teknologi, Samsung berhasil memulai tren ponsel yang dapat dilipat beberapa tahun lalu, jadi tidak ada yang terlalu aneh.

"In&Out Flip adalah teknologi yang dapat memberikan alternatif baru bagi konsumen yang lebih suka ponsel berbentuk batang karena ketebalan produk yang dapat dilipat," kata perusahaan dalam sebuah rilis. "Ketika dilipat ke luar, baik bagian depan maupun belakang produk dapat digunakan sebagai layar, menciptakan pengalaman pengguna baru."

Teknologi ini sejatinya merupakan upaya untuk mengurangi kebutuhan akan layar eksternal terpisah yang ditemukan pada generasi saat ini dari perangkat yang dapat dilipat. Menghilangkan layar sekunder tersebut akan membuat profil produk menjadi lebih ramping.

Samsung mengklaim telah menguji perangkat ini pada suhu mulai dari -4 derajat Fahrenheit hingga 140 derajat Fahrenheit. Tim pengembang melakukan uji coba dengan merendam layar dalam air, menggosok pasir, dan memantulkan bola basket di permukaannya.

Selain In&Out Flip, layar gulung juga dipamerkan di CES 2024. Teknologi ini hadir dalam perangkat Rollable Flex, serta Flex Hybrid, yang mengombinasikannya dengan layar geser. Juga ditampilkan pada acara tersebut adalah kotak earbud tanpa nama dengan layar terintegrasi.

Belum ada informasi kapan, atau apakah, produk-produk tersebut akan masuk pasar, tetapi kemungkinan besar tidak akan muncul pada acara Galaxy S24 mendatang dari perusahaa