Bagikan:

YOGYAKARTA - Sebagian pengguna Instagram ingin tahu cara menghapus Threads di bio IG. Ketika pengguna IG membuat akun di aplikasi Threads maka tautan ke laman Threads miliknya akan otomatis muncul di bio IG. Namun beberapa orang memilih untuk menghilangkan keterangan tersebut. 

Threads merupakan aplikasi baru yang diluncurkan oleh Meta pada pertengahan tahun 2023 lalu. Threads dihadirkan sebagai platform media sosial yang menyerupai Twitter sebagai wadah untuk berbagai postingan. Aplikasi ini memang dibuat khusus untuk pengguna Instagram. 

Beberapa orang yang sudah mendaftar akun Threads mungkin merasa terganggu dengan tampilan di bio Instagramnya. Lantas bagaimana cara menghapus Threads di bio IG?

Sekilas Tentang Threads Instagram

Threads merupakan platform media sosial buatan Meta yang disebut sebagai kompetitor dari Twitter. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengunggah postingan tulisan, utas, serta berbagai foto dan video format vertikal dengan durasi sampai lima menit. 

Saat Anda membuat akun di Threads, maka profil Anda akan dihubungkan secara otomatis dengan akun Instagram yang dipakai untuk login. Meski saling berhubungan, keduanya tersedia dalam aplikasi yang berbeda. Aplikasi Threads bisa diunduh di Play Store maupun App Store. 

Threads langsung populer dan mendapat banyak antusias saat pertama kali dirilis. Bahkan tercatat ada sebanyak 10 juta orang yang mendaftar sebagai pengguna Threads dalam jangka waktu 7 jam setelah diluncurkan. 

Cara Menghapus Threads di Bio IG

Bagi Anda yang tidak ingin menampilkan tautan Threads di bio Instagram, Anda bisa menghilangkannya dengan cara mudah. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menghapus Threads di bio IG.

  1. Silakan buka ke aplikasi Instagram di ponsel Anda.
  2. Kemudian masuk atau login menggunakan akun Instagram Anda.
  3. Masuk ke menu profil.
  4. Lalu klik akun Threads yang tersemat di bio.
  5. Akan muncul pilihan 'Lihat Profil Threads' dan 'Sembunyikan Lencana'.
  6. Kemudian pilih 'sembunyikan lencana'.
  7. Akan muncul konfirmasi apakah Anda yakin ingin menghapus akun Threads, selanjutnya pilih 'Hapus Lencana'.
  8. Selesai dan nomor Threads di bio Instagram Anda akan hilang.

Cara Menghapus Akun Threads

Mungkin sebagian pengguna Instagram juga kepikiran untuk menghapus akun Threads miliknya. Namun sebelum melakukannya, Anda perlu tahu bahwa menghapus akun Threads sama saja dengan menghapus akun Instagram secara permanen. Jadi sebaiknya pertimbangkan secara matang terlebih dahulu. 

  1. Jika ingin tahu cara menghapus akun Threads, begini langkah-langkahnya:
  2. Silakan buka aplikasi Threads dan klik ikon garis dua di pojok kanan atas untuk masuk ke pengaturan aplikasi.
  3. Gulir ke bawah, kemudian ketuk 'Hapus Akun'
  4. Akan muncul konfirmasi apakah Anda yakin ingin menghapus akun Threads. Silakan pilih 'Hapus Akun'.
  5. Akan ditampilkan peringatan bahwa jika Anda menghapus akun Threads, maka akun Instagram Anda juga akan terhapus. Jika setuju, kemudian pilih "Lanjutkan".
  6. selanjutnya masukkan kata sandi akun Instagram Anda untuk memverifikasi identitas kamu.
  7. Proses menghapus akun Threads pun selesai. 

Opsi lainnya selain menghapus akun Threads, Anda bisa menonaktifkan akun Threads. Namun seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika Anda menghapus akun Threads maka harus menghapus akun Instagram. Ketentuan ini sesuai dengan “Kebijakan Privasi Tambahan” dari Meta.

 

Terkait hal ini, Kepala Instagram Adem Mosseri menjelaskan bahwa pihaknya tengah mencari jalan keluar untuk menghapus akun Threads. Untuk solusi yang ditawarkan saat ini adalah pengguna bisa menonaktifkan akun Threads dengan menyembunyikan profil dan konten Threads.  

Cara menonaktifkan akun Threads bisa dilakukan dengan setting profil ke setelah pribadi. Anda bisa menghapus setiap utas tanpa perlu menghapus akun Instagramnya. 

Demikianlah informasi cara menghapus Threads di bio IG yang perlu Anda tahu. Langkah ini sangat berguna diketahui oleh pengguna IG yang merasa tidak nyaman atau terganggu dengan adanya tautan Threads di tampilan bionya. Baca juga Threads akan tambahkan fitur DM

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.