Bagikan:

YOGYAKARTA - Punya banyak followers adalah impian setiap pengguna Instagram, baik akun pribadi, influencer, maupun bisnis. Dengan adanya banyak followers, anda bisa mendapat bisa memperluas jangkauan postingan serta mendapat banyak like dan komen. Hal ini sangat menunjang branding dan pemasaran bisnis, hingga meningkatkan kepercayaan dan kredibitlitas akun.

Cara menambah followers IG kini bisa dilakukan secara mudah. Ada dua jenis cara untuk mendapat banyak followers IG, yaiut cara organik dan non-organik. Cara non-organik dilakukan dengan langkah instans, seperti membeli followers. Memang langkah ini terasa praktis, namun akun anda bisa terancam dilaporkan oleh pihak IG. 

Sementara menambah followers Instagram secara organik dilakukan dengan cara-cara manual atau alami. Namun tantangannya, anda harus bekerja lebih keras untuk bisa mendapat banyak followers. Tapi dijamin akun anda akan berkembang secara berkualitas dan aman dari gangguan teknis. 

Cara Menambah Followers IG Tanpa Beli

Ada banyak strategi yang bisa anda lakukan untuk menambah followers IG secara organik. Berikut beberapa langkah yang perlu diterapkan pada akun anda. 

Membuat Konten yang Menarik

Cara paling jitu untuk meningkatkan followers IG adalah dengan menyajikan konten menarik. Konten dalam bentuk video atau foto adalah asupan sehari-hari pengguna IG. Oleh karena itu semakin menarik isi konten anda maka postingan anda akan banyak disukai. Dengan begitu akun IG anda berpotensi mengalami penambahan followers. 

Seperti sebuah ungkapan “konten is king”, bahwa peran konten sangatlah penting. Buatlah konten yang sesuai dengan niche dan karakter akun anda. Sajikan isi konten yang berkualitas atau menarik. Selain itu, kemas konten dengan profesional. 

Optimasi Bio Instagram

Banyak pengguna Instagram yang menyepelekan atau mengabaikan bio akunnya. Padahal peran bio IG sangatlah penting bagi perkembangan akun anda. Bio yang menarik dan jelas akan membuat akun anda terlihat profesional, sehingga pengguna lain akan tertarik meningkuti akun anda. Selain itu, bio yang jelas akan memudahkan algoritma IG dalam menemukan akun anda di pencarian sesuai niche dan profesi. 

Ada beberapa tips untuk membuat bio akun menjadi menarik dan profesional. Buatlah nama akun dan username yang jelas dan unik yang menggambarkan karakter akun anda. Lengkapi keterangan bio dengan lebih rinci, seperti menampilkan profesi, alamat, hobi/minat, keahlian, dan sebagainya.

Berkolaborasi dengan Akun atau Kreator Lain

Sekarang sudah bukan era persaingan lagi dalam mendapatkan followers. Namun pengguna IG saat ini justru harus berkolaborasi dengan influencer atau kreator lain. Anda bisa mengajak kerjasama dengan influencer yang memiliki kesamaan niche atau mempunyai minta pada produk anda. 

Strategi kolaborasi ini juga disebut sebagai influencer marketing. Melalui bantuan kerja sama dari influencer maka followers anda akan bertambah. Namun untuk melakukan langkah ini anda perlu menyiapkan biaya. Anda sebenarnya juga bisa kolaborasi secara gratis dengan bentuk kerja sama pembeian barang atau sebagainya. 

Posting Konten di Waktu Prime Time

Cara lainnya untuk memambah followers IG adalah dengan posting konten di waktu yang tepat atau prime time. Ada waktu-waktu tertentu di mana pengguna banyak beraktivitas di IG. Jadi anda harus tahu, di jam-jam berapa followers anda banyak membuka IG. 

Jadi anda harus posting konten di waktu-waktu prime time tersebut agar postingan anda mendapat banyak engagement, yang bisa membawa kenaikan followers. Selain itu, anda juga perlu menyusun jadwal posting per hari, per minggu, hingga per bulan agar pengguna IG mengingat waktu penayangan kontenmu. 

Memakai Hastag yang Tepat

Pemilihan hastag yang tepat juga menjadi strategi untuk menambah followers IG. Banyak orang tidak memperdulikan penggunaan hastag. Padahal hastag dalam postingan akan memudahkan pengguna IG untuk menemukan kontenmu. Selain itu, jangkauan kontenmu juga menjadi semakin luas dan lebih tepat sasaran. Dengan begitu akun anda akan mendapatkan banyak followers baru. 

Itulah beberapa cara menambah followers IG secara organik. Membangun akun secara organik akan membuat akun anda lebih berkualitas karena followers anda asli dan sesuai niche. Selain itu, langkah ini juga menghemat biaya dibandingkan harus membeli followers. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.