Luncurkan <i>Campaign</i> “Lakuin di TipTip”, Semua Bisa Cetak Cuan di TipTip
Konferensi pers TipTip Indonesia, Kamis, 3 November (foto: Dinda Buana Putri/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Sejak peluncuran resminya pada bulan Juli lalu, TipTip sebagai platform bagi para konten kreator memonetisasi passion mereka telah mengalami pertumbuhan setiap bulannya.

Hingga saat ini, CEO sekaligus founder TipTip, Albert Lucius mengungkapkan bahwa TipTip telah memiliki 1.400 kerator dengan 17.000 penggemar. Jumlah ini masih akan terus berkembang ke depannya,

"Sejak grand launch bulan Juli lalu, sekarang sudah mencapai 1400 creator di TipTip, dengan jumlah fans 17.000. Dan ini masih akan terus berkembang," ujar Albert dalam konferensinya persnya, Kamis, 3 November.

Albert menambahkan bahwa perkembangan TipTip naik sembilan kali lipat sejak bulan kemarin. Rata-rata pendapatan kreator di platform ini yaitu antara Rp4-5 juta per bulannya.

Melanjutkan perkembangannya, TipTip kembali mengumumkan kampanye baru “Lakuin di TipTip” dan mengajak masyarakat Indonesia mendukung perkembangan industri kreator dengan memonetisasi kreativitas dan passion di TipTip. 

Kampanye ini turut membuka kesempatan bagi setiap pemangku kepentingan di industri kreator untuk saling mendukung guna mewujudkan pembangunan ekosistem ekonomi kreator Indonesia yang selalu bertumbuh. 

TipTip melihat potensi pasar kreator yang sangat besar di wilayah Asia Tenggara. Jumlah kreator di Indonesia sendiri diperkirakan akan terus bertumbuh sebanyak 15% per tahunnya hingga 2027. 

“TipTip percaya potensi ekonomi kreator bisa berkontribusi positif pada industri kreatif sekaligus perekonomian Indonesia secara keseluruhan, terutama melalui sebuah ekosistem ekonomi kreator yang terus berkembang. Keyakinan ini tentu mendorong TipTip memperkuat posisi untuk mewujudkan potensi tersebut.” papar Albert.

TipTip sendiri menargetkan untuk dapat meraih 150.000 pengguna dan 15.000 kreator, serta memperluas cakupan hingga tingkat nasional hingga Q2 tahun 2023.  

Untuk merealisasikan targetnya, TipTip terus meningkatkan fitur-fitur yang ada di aplikasinya guna memudahkan komunitas TipTip memonetisasi passion mereka. 

Kreator kini bisa menjual Digital Konten atau membuat Live Session yang dilengkapi dengan fitur tipping bagi suporter di setiap sesinya. 

Adapun Digital Konten yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Konten dalam bentuk video (singkat/panjang). Para independent filmmaker juga dapat menjual karyanya berupa film pendekdi TipTip. 
  • ‌Dokumen digital baik dalam bentuk e-book (buku digital), excel sheets, dan lain-lain.
  • ‌Aset digital, bagi seorang pelukis, mereka bisa menjual lukisannya dalam bentuk digital. Begitu juga seorang Fotografer yang ingin menjual hasil jepretannya. 

Sedangkan untuk Live Sessions, para kreator dapat melakukan:

  • Live kelas belajar. Kreator dapat memasang harga untuk penonton yang ingin memasuki kelas. Dengan begitu, kreator akan langsung mendapatkan penghasilan dari situ.
  • Live music. Kreator dapat berinteraksi langsung dengan penggemarnya. Penggemar bisa memberi tipping kepada idolanya, dan me-request lagu untuk dinyanyikan.
  • Masih banyak yang bisa dilakukan kreator di Live Sessions.

Tidak hanya bagi para pembuat konten, fitur promotor TipTip juga memberikan akses ke semua orang untuk bisa mempromosikan digital konten kreator manapun dan mendapatkan penghasilan darinya.