5 Strategi Promosi Lewat Reels IG untuk Bisnis, Efektif Kerek Penjualan
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

 YOGYAKARTA – Instagram reels merupakan salah satu platform digunakan oleh para pelaku usaha untuk memasarkan produknya secara digital. Melalui Reels Instagram, pelaku bisnis dapat membuat konten video yang menarik agar produk Anda dapat dikenal oleh calon konsumen.

Nah, pada artikel kali ini VOI akan membahas strategi promosi lewat Reels Ig untuk bisnis. Baca terus sampai habis, ya!

Strategi Promosi Lewat Reels IG untuk Bisnis

Sekedar informasi, Reels Instagram adalah fitur video yang memungkinkan pengguna untuk membuat konten video dengan durasi 15 hingga 60 detik dan dapat diatur sesuai keinginan, seperti penambahan musik, stiker, dan juga teks.

Selain itu, Reels IG juga memberikan lebih banyak filter dan fitur tambahan lainnya yang akan membuat video menjadi lebih menarik. Itulah mengapa, Reels IG bisa dijadikan sebagai platform promosi alternatif yang sangat menarik.

Bagi pelaku bisnis yang ingin memasarkan produknya secara digital di Reels IG, simak strategi promosi lewat reels IG untuk bisnis berikut ini:

  1. Mengunggah konten edukatif

Membuat konten yang edukatif merupakan cara yang bagus untuk memulai di Reels. Konten yang bermanfaat, informatif, dan relevan dapat meningkatkan engagement, mengurangi bounce rate, dan meningkatkan loyalitas konsumen.

Terkait hal ini, Anda bisa mengangkat topik yang sesuai dengan bidang usaha Anda. Misalnya, jika bisnis Anda bergerak di bidang kecantikan, Anda bisa membuat konten tentang perawatan kulit, jenis-jenis vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan kulit dan lain sebagainya.

Nah, supaya promosi di Reels IG lebih optimal, dampingi dengan newsletter atau konten yang temanya masih berhubungan. Sehingga viewer yang berminat bisa diarahkan ke website atau aplikasi yang bersangkutan.

  1. Tampilkan case study dan ulasan produk

Strategi menampilkan case study dan ulasan produk di Reels Instagram bertujuan untuk menunjukkan kepuasan konsumen. Anda bisa menggunakan ulasan produk untuk menjual produk fisik atau digital. Sementara case study bisa dimanfaatkan untuk menawarkan jasa.

  1. Unggah konten behind the scene

Menggunggah konten behind the scene (BTS) atau di balik layar dapat membuat follower menjadi paham tentang brand Anda dan mengapa produk tersebut diproduksi untuk masyarakat.

Bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), konten BTS membantu membentuk kepribadian bisnis, mendapatkan kepercayaan, serta membangun hubungan yang lebih personal dengan followers di Instagram Reels.

Adapun konten BTS yang dapat ditampilkan di Instagram Reels seperti proses pembuatan produk, kegiatan di tempat usaha, dan lain sebagainya.

Konten BTS tidak hanya digemari oleh audiens, namun juga menumbuhkan ikatan personal sampai akhirnya mereka memutuskan untuk menggunakan produk Anda.

  1. Perlihatkan produk otentik

Instagram Reels merupakan platform yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan brand awareness dan mengerek penjualan produk.

Lewat Reels IG, Anda dapat mempromosikan produk dan menandainya secara langsung. Tampilan video produk yang dapat dibeli konsumen adalah cara terbaik untuk meningkatkan penjualan dan traffic ke IG Shop.

Melalui Reels Instagram, Anda bisa mempertahankan keotentikan jenama atau bisnis Anda. Fokus pada orisinalitas dan kreativitas, bukan hanya kualitas video.

  1. Ceritakan bisnis yang sedang dikelola

Terakhir, Anda bisa menceritakan latar belakang usaha atau filosofi di balik nama merek yang dipakai.

Agar kontennya menarik, Anda bisa menggabungkan beberapa jenis media, seperti foto, ulasan produk, hingga case study. Dengan demikian, strategi promosi yang diterapkan bisa mudah dipahami followers Anda. .

Demikian informasi tentang strategi promosi lewat Reels IG untuk bisnis. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.