Bagikan:

JAKARTA - Samsung Display baru-baru ini mengungkapkan konsep terbaru mereka, Rollable Flex, yang merupakan monitor yang dapat digulung dan digelar seperti gulungan kertas atau matras yoga kecil. Layar ini memiliki kemampuan untuk digulung hingga sekitar 2 inci (49 mm) dan dapat digelar hingga panjang vertikal maksimum 10 inci (254,4 mm) — lima kali ukuran saat digulung.

Pada layar lipat atau geser sebelumnya, skala yang dapat ditawarkan hanya sekitar tiga kali lipat dari faktor bentuknya. Dengan Rollable Flex, Samsung berharap dapat membantu konsumen dengan membuat perangkat yang lebih besar seperti laptop, tablet, dan layar tampilan menjadi lebih kecil dan mudah dibawa.

Menurut perusahaan, rahasia dari perangkat ini terletak pada poros berbentuk O yang dirancang dengan cermat, di sekitar mana layar tersebut melingkar seperti selembar kertas toilet termahal di dunia.

"Kami berhasil mengubah layar berukuran besar yang sulit dibawa menjadi bentuk yang mudah dibawa, dengan cara membuatnya dapat digulung," kata Samsung Display, dikutip Daily Mail.

Namun, Rollable Flex bukanlah layar bergulir pertama yang ada di pasaran. Perusahaan lain juga telah mencoba masuk ke dalam ruang ini, termasuk produsen TV datar asal Korea Selatan, LG, yang telah mengesankan CES selama bertahun-tahun dengan konsep TV bergulir berukuran 65 inci.

Setelah dua tahun memperkenalkan konsep tersebut dalam pameran dagang, televisi rollable Signature OLED R berdefinisi 8K milik LG akhirnya diluncurkan di Korea Selatan dengan harga ritel yang fantastis, mencapai 87.000 dolar AS (Rp1,3 miliar).

Samsung memperlihatkan Rollable Flex untuk pertama kalinya pekan ini, bersama dengan sejumlah teknologi baru lainnya yang dapat digoyangkan dan dibengkokkan, dalam acara SID Display Week 2023, sebuah pameran industri di Los Angeles.

Samsung Display juga memperkenalkan prototipe ponsel lipat baru, Flex In & Out, yang dapat dilipat ke dalam dan ke luar hingga 360 derajat, serta Flex Hybrid, yang menggabungkan teknologi lipat dan geser.

Belum ada informasi kapan Samsung akan membuat layar Rollable Flex tersedia untuk konsumen, namun mereka berjanji bahwa mereka akan segera menghadirkan inovasi menarik ini ke pasar.