Yuk Lihat Bagaimana Teknologi AI Dapat Membantu Pendidikan di Indonesia
Ilustrasi teknologi untuk pendidikan (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Tak bisa dipungkiri bahwa kemajuan teknologi banyak memiliki manfaat untuk semua lini kehidupan, terutama untuk sistem pendidikan.

Di ranah pendidikan, kehadiran AI memberikan optimisme untuk meningkatkan dan memberikan akses ke pendidikan berkualitas bagi siswa di manapun.

Berikut ini beberapa kegunaan AI yang bisa memberikan kontribusi menurut Google.

AI dan teknologi adaptif membuat modul belajar lebih dipersonalisasi

Menurut Google, kehadiran dan kemajuan AI telah membuka peluang bagi siswa untuk mendapatkan umpan balik (feedback) secara 1-on-1 dan realtime pada saat mereka belajar.

Ada dua hal yang bisa difasilitasi AI untuk kebutuhan pembelajaran, yaitu memanfaatkan AI dan teknologi adaptif untuk menjadikan pembelajaran lebih personal.

Membantu siswa mengakses informasi dengan cara yang paling sesuai

Setiap siswa memiliki caranya sendiri untuk belajar dan tingkat pemahaman siswa ketika belajar pun tidak sama. Kini, teknologi memberikan celah bagi siswa untuk belajar secara mandiri sesuai dengan kemampuan mereka.

Membuka peluang bagi guru hadirkan sistem mengajar yang baru

Situasi pandemi telah mendorong percepatan penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar.

Saat ini, peran guru lebih efektif dan tidak lagi hanya untuk memberikan materi di kelas.

Guru diharapkan dapat memiliki waktu lebih untuk membantu siswa mengevaluasi, berkolaborasi, dan mencari berbagai sumber informasi dan pengajaran.

Dalam laporan Future of Education (2023) yang diluncurkan Google baru-baru ini, dijelaskan kehadiran teknologi memberikan peluang bagi guru untuk merencanakan aktivitas belajar yang lebih kreatif dan memberikan bimbingan one-on-one untuk siswa.

Membuka peluang bagi guru memiliki cara kerja baru yang lebih efisien

selain itu, laporan Future of Education juga menunjukkan bahwa tugas yang menghabiskan banyak waktu guru saat ini antara lain melakukan penilaian, perencanaan pembelajaran, dan administrasi.

Nah, dengan pemanfaatan teknologi sekiranya dapat menjadi solusi untuk menghemat waktu guru mengerjakan tugas-tugas tersebut.