Kekayaan CEO TikTok Shou Zi Chew, Pernah Kerja di Facebook dan Menjadi Presiden Xiaomi
CEO TikTok Shou Zi Chew (foto: tangkapan layar youtube New York Times event)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Shou Zi Chew, CEO TikTok, belum lama ini menjadi sorotan publik setelah dirinya buka suara di sidang parlemen Amerika Serikat (AS). Chew diketahui merupakan seorang chief berpengalaman yang pernah bekerja di perusahaan besar internasional, salah satunya Facebook. Banyak yang penasaran dengan kekayaan CEO TikTok Shou Zi Chew.

Shou Zi Chew bertandang ke AS untuk memberikan jawaban soal keamanan data pengguna TikTok. Sidang parlemen yang membahas keamanan TikTok tersebut digelar buntut dari larangan penggunaan TikTok di AS. Pemerintahan Joe Biden menduga bahwa platform video pendek tersebut merupakan agen China untuk memata-matai AS. 

Chew dengan tenang menjawab bombardir pertanyaan dari parlemen AS selama 5 jam. Pria berkewarganegaraan Singapura tersebut menjamin keamanan bagi sebanyak 150 juta pengguna TikTok di AS. Chew sendiri bukanlah pemain baru di bidang teknologi dan bisnis skala internasional. Seperti apa profil dan kekayaan CEO TikTok Shou Zi Chew?

Profil CEO TikTok Shou Zi Chew

Shou Zi Chew lahir di Singapura pada Januari 1983. Saat masih remaja, pria yang saat ini berusia 40 tahun ini menjalani wajib militer untuk pemerintahan Singapura. Chew kemudian terbang ke Inggris untuk menempuh pendidikan di University College London. 

Setelah lulus dan meraih gelar sarjana di bidang Ekonomi, Shou Zi Chew bekerja sebagai bankir investasi di Goldman Sachs yang berkantor di London. Beberapa tahun kemudian, Chew berpindah ke AS untuk melanjutkan pendidikan di Harvard pada tahun 2008. Di universitas ternama tersebut, Chew mengambil jurusan Business School. 

Pada tahun 2010, Chew sempat magang di sebuah perusahan teknologi rintisan bernama Facebook. Chew bekerja untuk Facebook yang saat ini masih berstatus sebagai startup atau perusahaan rintisan. Barulah pada pertengahan 2012, Facebook semakin terkenal go public. 

Setelah lulus dari Harvard pada 2010, Chew bekerja menjadi CFO produsen elektronik Xiaomi. Pada tahun 2015, Chew dipercaya menjadi kepala keuangan untuk perusahaan smartphone asal China tersebut. Chew berkontribusi membawa Xiaomi go public pada 2018. Lalu pada 2019, Chew diangkat menjadi presiden bisnis internasional Xiaomi.

Shou Zi Chew juga bekerja untuk perusahaan investasi DST Global. DST adalah perusahaan asal Tiongkok yang didirikan oleh miliarder Yuri Milner seorang investor teknologi. Selama lima tahun bekerja di DST, Chew mampu memimipin tim yang menjadi investor awal di ByteDance. 

Baru pada tahun 2021, Chew bergabung dengan TikTok sekaligus perusahaan induknya ByteDance. Chew dipercaya merangkap jabatan ganda sebagai CEO TikTok dan kepala keuangan ByteDance. 

Kekayaan CEO TikTok Shou Zi Chew

Publik bertanya-tanya seberapa kaya Shou Zi Chew, mengingat dirinya memiliki perjalanan karier gemilang di berbagai perusahaan besar di bidang teknologi dan keuangan. Apalagi saat ini TikTok, perusahaan tempat Chew bekerja, menjadi salah satu platform media sosial paling populer di dunia. 

Berdasarkan pengalaman kariernya selama ini, Chew memiliki kekayaan ditaksir mencapai USD200 juta. Nominal tersebut bersumber dari jabatannya di posisi eksekutif perusahaan besar lainnya. 

Media The NY Banner menyebutkan penghasilan terbesar Chew berasal dari investasi, dividen, dan berbagai bisnis miliknya. Sumber lain juga mengatakan bahwa kekayaan Chew mencapai sekitar USD167 juta. 

Demikianlah ulasan mengenai profil dan kekayaan CEO TikTok Shou Zi Chew. Setelah dicecar pertanyaan terkait keamanan data pengguna TikTok, Chew menjanjikan tiga hal yaitu: TikTok menjaga keamanan pengguna terutama remaja, melindungi data pengguna, dan menjadi medsos yang terbuka bagi pengguna dan tidak ada campur tangan pemerintah manapun. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.