Bagikan:

JAKARTA - Diketahui, Volkswagen telah cukup banyak memproduksi kendaraan bertenaga listrik. Ke depan, VW juga merencanakan menghadirkan lebih banyak kendaraan listrik.

Salah satu yang terbaru adalah ID. GTI. Mobil yang masih berwujud konsep tersebut diluncurkan pada gelaran IAA Mobility 2023 yang tengah berlangsung di Jerman.

Mobil konsep ini juga sekaligus memperpanjang umur dari model GTI yang telah ada sejak 48 tahun lalu dan untuk pertama kalinya, dihadirkan tipe GTI dalam wujud kendaraan listrik (EV).

4

CEO Volkswagen Passenger Cars, Thomas Schafer, mengatakan bahwa ID. GTI merupakan model yang diharapkan dan ditunggu-tunggu oleh para pelanggan dan pecinta VW.

"Volkswagen memberikan apa yang diinginkan pelanggan: baik kendaraan listrik, mesin pembakaran, atau hybrid, semua model baru kami mengesankan dengan tingkat efisiensi yang menyenangkan, pengoperasian yang intuitif, dan kualitas tinggi yang terbukti di semua bidang," kata Schafer dalam keterangan perusahaan, Minggu, 3 September.

Bentuk dasar dari ID. GTI memiliki keselarasan dengan konsep ID. 2all, yang diluncurkan pada awal tahun ini. Hal ini tentunya bukan sebuah kebetulan, sebab desain VW telah memikirkan konsep GTI saat merancang hatchback konsep tersebut.

VW ID. GTI dilengkapi dengan bagian bemper depan dan belakang yang sporty, dengan memakai pelek yang terinspirasi dari Mk1 GTI. Kesan sporty menjadi lebih terasa dengan penempatan sayap belakang di atas jendela belakang yang menyatu dengan bagian atas kendaraan.

Pemilihan warna merah dan hitam pada keseluruhan kendaraan membuat kesan ID. GTI menjadi lebih agresif. Bagian grill juga dihitamkan dengan trim merah serta emblem GTI yang terletak pada bagian belakang, grill, dan juga fender bawah.

Sementara dalam sisi performa, VW belum mengungkapkan informasi lebih lanjut. VW hanya membeberkan bahwa ID. GTI memiliki motor listrik tunggal bertenaga tinggi dengan diferensial elektronik untuk roda depan.

VW turut menghadirkan GTI Experience Control, yakni menawarkan berbagai penyesuaian sesuai dengan kebutuhan dan selera pengguna kendaraan mulai dari suspensi hingga rasa kemudi, suara, dan bahkan membuat titik perpindahan gigi yang disimulasikan meniru GTI dari beberapa dekade yang lalu.

5

Sama seperti ID. 2all, VW ID. GTI memiliki interior digital dengan layar ganda. Namun model konsep sporty tersebut, mengusung tampilan lebih klasik.

Meskipun belum diketahui apakah beberapa teknologi tersebut akan masuk ke dalam tahap produksi, bisa dipastikan bahwa tata letak interior dengan layar tengah 12,9 inci, layar pengemudi 10,9 inci, dan berbagai kontrol fisik hampir merupakan item produksi.

Peluncuran VW ID. GTI juga sebagai bukti pabrikan memperkuat komitmennya dalam segmen elektrifikasi. VW akan meluncurkan sebelas model elektrifikasi terbaru lainnya pada 2027 mendatang.

VW juga akan berpisah dari mesin pembakaran mulai 2030 dan pada 2033, pabrikan asal Jerman tersebut akan memproduksi EV di Eropa. VW juga berniat untuk mengembalikan model-model lainnya dalam wujud elektrifikasi seperti Golf, T-Roc, Passat, dan Tiguan.