Volkswagen Berniat Pertahankan Nama "GTI" untuk Kendaraan Listrik
Volkswagen ID.2all. (Dok. Volkswagen Group)

Bagikan:

JAKARTA - Saat ini, para produsen otomotif ternama sedang giat berupaya menghadirkan kendaraan elektrifikasi untuk masa depan. Bahkan, beberapa di antaranya memilih untuk menghidupkan kembali nama-nama legendaris pada model EV terbaru.

Salah satunya adalah Ford, yang mengenalkan kembali nama Puma dan Transit untuk model listriknya. Produsen asal Jerman, Volkswagen, juga tak ketinggalan dengan keputusannya untuk mengembalikan nama ikonik "GTI".

VW dikabarkan akan memperbarui logo "GTI" untuk mobil listriknya dan telah mengajukannya ke Kantor Paten dan Merek Dagang Jerman, dilansir dari CarBuzz, Senin, 31 Juli. Nama legendaris ini akan tampil dengan huruf terakhir yang digantikan oleh pola petir yang simbolis.

Tentu saja, "GTI" adalah nama yang sangat berarti bagi VW dan biasanya diaplikasikan pada model dengan varian atau performa tinggi, seperti yang kita kenal dari Golf GTI di masa lalu.

Penting untuk dicatat bahwa "GTI" merupakan singkatan dari "Grand Touring Injection", yang mengacu pada mesin berbahan bakar. Namun, VW ingin mempertahankan nama ikonik ini dalam model EV berperforma tinggi mereka di masa depan, sehingga huruf terakhirnya diganti dengan simbol petir.

Jika rumor ini benar, VW berencana menggantikan nama "GTX" sebagai varian performa tinggi dengan "GTI". Meski demikian, ada juga kemungkinan lain, di mana nama "GTX" akan tetap digunakan untuk model kendaraan listrik, sementara "GTI" akan disematkan pada model yang dialiri sebagian listrik atau hybrid.

Namun, kita harus mengingat rencana VW untuk menghadirkan kendaraan listrik sepenuhnya pada akhir dekade ini, sehingga agak disayangkan bila nama GTI hanya bertahan beberapa saat jika hanya digunakan untuk model hybrid.

Terlebih lagi, VW tengah berusaha mempertahankan kehadiran hatchback ikonik mereka, Golf, yang akan diluncurkan sebagai mobil listrik penuh pada akhir dekade ini.

Perayaan ulang tahun ke-50 Golf GTI di Eropa pada tahun 2025 mendatang menjadi momen penting. Diperkirakan bahwa generasi GTI saat ini akan dipertahankan hingga perayaan tersebut, dengan VW berencana untuk merilis model edisi khusus.

Diharapkan VW ID.2all akan menjadi versi pratinjau dari generasi Golf GTI berikutnya. Mobil konsep ini memiliki dimensi kompak dan desain yang mengingatkan pada Golf klasik, sehingga akan menjadi model Golf pertama dalam bentuk mobil listrik.