Volkswagen Janjikan Performa dan Suara Mesin pada ID. GTI, tapi Tanpa Simulasi Perpindahan Gigi
Konsep Volkswagen ID. GTI. (Dok. Grup Volkswagen)]

Bagikan:

JAKARTA - Volkswagen baru-baru ini mengungkapkan konsep ID. GTI untuk memperluas jajaran mobil listrik mereka di masa depan. Mobil ini secara resmi diperkenalkan dalam ajang IAA Mobility 2023 di Jerman.

Konsep mobil ini tidak hanya menandai kelangsungan hidup model GTI yang telah ada selama 48 tahun, tetapi juga merupakan kali pertama GTI hadir dalam bentuk kendaraan listrik (EV).

Meskipun ID. GTI akan menjadi Electric Vehicle (EV) pertama dalam sejarah GTI, VW menjanjikan bahwa mobil ini akan memberikan pengalaman yang sama seperti pendahulunya, yakni GTI Experience Control.

VW menjelaskan bahwa sistem ini akan memberikan pengalaman berkendara maksimal pada ID. GTI, sebagaimana halnya model GTI dengan mesin konvensional. Ini adalah langkah penting dalam menjawab keraguan konsumen tentang keseruan berkendara dengan EV.

7

Meskipun ID. GTI akan memberikan kesenangan berkendara ala GTI bermesin bensin, mobil ini tidak akan menggunakan simulasi perpindahan gigi. Padahal, perpindahan transmisi merupakan salah satu karakteristik ikonik yang membuat GTI begitu dikenal.

Kai Grunitz, Kepala R&D Volkswagen, mengatakan bahwa meskipun tanpa perpindahan gigi, model ini akan memiliki karakteristik kelincahan yang khas GTI.

“Kami ingin menjadikannya responsif, sehingga pelanggan dapat merasakan perbedaan dengan pengaturan peredamannya. Mobil ini akan cepat namun tetap nyaman, memerlukan daya yang lebih besar daripada konsep ID.2all,” ucap Grunitz, dikutip dari Autocar, Jumat, 8 September.

6

Sistem pergeseran gigi elektrik telah digunakan oleh beberapa produsen dalam jajaran kendaraan listrik mereka, seperti yang dilakukan oleh Hyundai. Untuk memberikan pengalaman berkendara mirip dengan kendaraan bermesin bensin, Hyundai menambahkan fitur simulasi perpindahan gigi dan suara pada Ioniq 5 N, SUV listrik berkinerja tinggi yang dikembangkan oleh divisi N.

Meskipun tanpa suara perpindahan gigi, Volkswagen juga akan menyediakan suara mesin bensin palsu pada ID. GTI. Ini akan menggabungkan performa lincah kendaraan listrik dengan suara khas mesin bensin GTI.

Desain dasar ID. GTI memiliki kesamaan dengan konsep ID. 2all yang diperkenalkan pada awal tahun ini. Hal ini tidaklah kebetulan, karena desain VW telah mempertimbangkan konsep GTI saat merancang hatchback konsep tersebut.

VW ID. GTI dilengkapi dengan elemen desain bemper depan dan belakang yang sporty, dengan pelek yang terinspirasi dari Mk1 GTI. Sentuhan sporty semakin terasa dengan penempatan sayap belakang di atas jendela belakang yang menyatu dengan bagian atas kendaraan.

Peluncuran VW ID. GTI juga merupakan bukti nyata komitmen produsen dalam mengembangkan mobil listrik. VW berencana meluncurkan sebelas model listrik baru lainnya pada tahun 2027.

Selain itu, VW juga berencana untuk menghentikan produksi mesin pembakaran internal mulai tahun 2030, dan pada tahun 2033, pabrikan Jerman ini akan mulai memproduksi mobil listrik di Eropa.